20 September 2021, 14:35 WIB

KemenDesa PDTT Terus Berupaya Wujudkan Desa Adat


Faustinus Nua | Humaniora

KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KemenDesa PDTT) terus berupaya untuk segera mewujudkan desa adat. Hal itu guna menjaga dan melestarikan budaya yang dimiliki masyarakat lokal dalam pembanguna desa yang berkelanjutan.

"Sampai hari ini kita Kementerian Desa PDTT terus berupaya agar segera terwujud ada desa adat yang diafirmasi dan diakui keberadaannya oleh pemerintah," ungkap Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, Senin (20/9).

Baca juga: Jumlah Hotspot Kalbar Meningkat, KLHK Lakukan Teknologi Modifikasi Cuaca

Dijelaskannya mewujudkan adanya desa ada merupakan bagian dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. Ada 18 tujuan dan 222 indikator yang dirancang untuk mendorong pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

"Adapun budaya sebagai rumah bagi kehidupan sosial sehingga adaptasi budaya menjadi penting agar proses perubahan yang didorong tetap dirasakan selaras dengan jiwa warga desa," imbuhnya.

Identitas budaya dan masyarakat tradisional tetap dihormati selaras dengan perkembangan zaman dan keberadaban. Desa menunjukan kebudayaan dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya. "Demikian pula desa memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya bangsa," tandasnya. (H-3)

BERITA TERKAIT