20 September 2021, 11:04 WIB

Implementasi MBKM, Delapan Mahasiswa Untar Raih Beasiswa IISMA 2021


mediandonesia.com | Humaniora

METODE pembelajaran modern harus diterapkan sesuai dengan perkembangan jaman yang kian maju. Implementasi program pemerintah yang dikenal dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mengharuskan setiap mahasiswa memiliki berbagai ilmu dan pengalaman sebagai bekal kedepannya.

Dengan MBKM, mahasiswa memiliki peluang memperoleh berbagai ilmu dan pengetahuan yang berasal dari program studi lain bahkan dari universitas lain, baik di dalam maupun luar negeri.

Salah satunya adalah melalui program Kemendikbudristek yang disebut dengan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Sebagai perguruan tinggi swasta yang modern, Untar terus mendukung dan mendorong program MBKM dalam setiap aspek perkuliahan. Terbukti delapan mahasiswa Untar berhasil meraih beasiswa IISMA 2021.

Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, Asean Eng. menyampaikan bahwa sebagai salah satu perguruan tinggi swasta tertua, terbesar dan terbaik di Indonesia, Untar senantiasa mengembangkan diri untuk memberikan layanan terbaik kepada sivitas akademika dan semua pemangku kepentingan.

Salah satu prestasi yang berhasil diraih Untar pada tahun 2021 ini adalah mengirimkan delapan mahasiswanya untuk ikut dalam program IISMA 2021 yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek.

Keberhasilan mahasiswa Untar dari berbagai Program Studi untuk mengikuti program IISMA 2021 menunjukan bahwa Untar menjadi salah satu perguruan tinggi yang mampu melaksanakan proses pembelajaran dan kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi yang berkualitas.

Melalui program IISMA, para mahasiswa memiliki kesempatan menjalani program yang sangat bagus untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan serta pembelajaran kelas internasional dari berbagai universitas papan atas di dunia.

“Kami mengucapkan selamat kepada mahasiswa Untar yang berhasil mengikuti semua rangkaian seleksi program IISMA 2021 oleh Kemendikbud Ristek. Kami terus akan melaksanakan proses pendidikan tinggi yang berkualitas dengan mengedepankan nilai-nilai unggul yang dibangun Untar yaitu Integritas, Profesionalisme dan Entrepreneurship,” ujar Rektor.

Rektor juga mengucapkan harapannya agar semua peserta Program IISMA 2021 dari Untar dapat mengikuti program pembelajaran di berbagai perguruan tinggi di luar negeri serta dapat menjadi contoh atau teladan bagi mahasiswa lainnya.

Mewakili para penerima awardee, mahasiswa Fakultas Teknik Untar, Earleen, menyampaikan rasa syukurnya karena berhasil terpilih sebagai salah satu penerima beasiswa dari Kemendikbudristek.

“Saya sangat senang dan bersyukur karena diberi kesempatan untuk belajar di salah satu universitas terbaik di dunia selama satu semester. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Untar yang telah memfasilitasi sehingga dapat mengikuti program ini melalui proses rekrutmen dan seleksi yang terbuka yaitu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh mahasiswa untuk ikut berperan serta," paparnya.

"Saya mengetahui program ini melalui pengumuman di medsos Untar. Semoga program ini dapat mengajarkan saya hal-hal baru yang tentunya dapat diimplementasikan dalam aspek-aspek kehidupan saya,” ujar Earleen, yang saat ini sedang menjalani kegiatan perkuliahan di University of California, Davis.

“Terima kasih kepada Kemendikbud Ristek atas semua kesempatan dan pendanaan sehingga mahasiswa Untar dapat mengikut program IISMA 2021 bersama seluruh peserta dari berbagai Perguruan tinggi di Indonesia,” tutur Rektor.

Rektor juga berpesan agar para awardee dapat memperhatikan dan memahami berbagai peraturan dan kewajiban dalam mengikuti program ini.

“Oleh karenanya, saya berharap semua dapat mematuhi dan menjalankannya sesuai ketentuan program. Fakultas dan program studi siap mendukung mahasiswanya yang ikut dalam program ini," jelas Rektor.

"Saya juga berharap kepada para mahasiswa yang ikut dalam program ini, dapat mengharumkan nama Untar dan Indonesia serta terus menciptakan kolaborasi dengan universitas-universitas tujuan kalian,” katanya. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT