19 September 2021, 22:15 WIB

Lions Club Bagikan Ribuan Botol Plastik ke Pemulung


Media Indonesia | Humaniora

 

MENGUMPULKAN sampah botol plastik, bekas plastik deterjen, dan bekas plastik minuman kemasan menjadi salah satu cara 50 klub menyambut World Clean Up Day (WCUD).

"Kami mengajak Clubs ikut berpartisipasi di WCUD 2021 dengan cara mengumpulkan sampah botol plastik, plastik detergen dan plastik minuman kemasan sebanyak-banyaknya yang sudah dibersihkan dan diremas. Kemudian sampah-sampah itu dimasukkan ke kardus atau kotak dengan nama klub masing-masing," ujar Ketua Komite Lingkungan Hidup Perkumpulan Lions Indonesia, Riana Enitha dalam siaran persnya di Jakarta, Sabtu (18/9).

Botol-botol sampah plastik ini akan disumbangkan ke para pemulung dengan cara membagi-bagikan 10 ribu botol plastik dan sachet detergen kepada mereka. Selain itu, lanjut Riana, dibagikan pula sembako berupa beras, gula, minyak goreng, hand sanitizer, masker dan nasi kotak makanan sehat kepada 30-40 pemulung. 

"Sebelum kegiatan ini juga sudah dilakukan acara bersih-bersih pantai wisata Ancol pada Senin (13/9)," tambah penasehat Perkumpulan Lions Club, Erny Herdianti.

WCUD merupakan gerakan bersih-bersih terbesar di dunia dan sangat bermanfaat yang dinaungi Let’s Do It World, suatu gerakan di Estonia yang didirikan para pemrakarsa asal Asia (termasuk Indonesia), Eropa, Amerika, Afrika, dan Oseania. Gerakan ini menghasilkan komitmen dari jaringan-jaringan negara yang tergabung di dalamnya untuk membebaskan planet Bumi dari permasalahan sampah. Indonesia termasuk negara nomor satu dengan jumlah relawan terbanyak dalam gerakan bersih-bersih sampah.

Hadir dalam puncak acara WCUD ini Camat Penjaringan Depidy Rumady, District Governor Rup N Gurbani, VDG2 Titin Lusiana, Global Service Team District Coordinator Elizabeth Halim dan para member Lions Clubs. (RO/O-2)

BERITA TERKAIT