15 September 2021, 21:10 WIB

Fasilitas Umum di Masjid Nabawi Kembali Difungsikan


M Iqbal Al Machmudi | Humaniora

SEJUMLAH fasilitas umum di kawasan Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi, kembali difungsikan setelah hampir dua tahun gelombang pandemi covid-19 mewabah.

Drum-drum air zamzam yang biasa berada di pelataran Masjid Nabawi dan sudut-sudut Masjid Rasulullah ini sudah mulai berfungsi per 14 September 2021. Seperti yang dikabarkan akun @harramain_info dalam akun Instagramnya.

Saat dikonfirmasi, Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Arab Saudi Endang Jumali mengatakan, pemandangan itu benar adanya.

"Iya betul drum air zamzam sudah dipasang kembali. Situasi di Masjid Nabawi pun masih dengan tetap menjaga protokol kesehatan," kata Endang saat dikonfirmasi, Rabu (15/9).

Hal ini tentunya, kata Endang, sungguh disambut baik oleh jamaah yang berada di sana. Air zamzam yang merupakan sebaik-baiknya air di permukaan bumi selalu menjadi favorit, tak aneh jika banyak jamaah menggunakan botol-botol besar untuk mengisi air zamzam dari drum-drum yang tersedia.

Tak hanya 600 drum air zamzam yang kembali berfungsi, kini Al quran dan karpet juga telah menghiasi Masjid An Nabawi, setiap orang kini bisa memakai fasilitas yang disediakan untuk tadarus Al-Quran.

"Al quran, karpet dan fasilitas lain sudah terpasang," ucapnya.

Dirinya berharap dengan adanya kabar baik ini, izin untuk umrah dari jamah Indonesia bisa diberlakukan. Dialog akan terus dibangun dengan pemerintah Arab Saudi.

"Kewenangan ada di pemerintah Arab Saudi untuk membolehkan atau tidak negara asing masuk negaranya, namun kita tetap melakukan lobi-lobi dan penjelasan ke pihak pemerintah Arab Saudi tentang kesiapan Indonesia dalam pelaksanaan umrah dengan protokol kesehatan yang ketat," pungkasnya. (H-2)

BERITA TERKAIT