14 September 2021, 11:44 WIB

Wapres: Angka Vaksinasi Penentu Kedaruratan Pandemi


Emir Chairullah | Humaniora

PEMERINTAH ingin mempercepat proses vaksinasi untuk mengejar herd immunity. Menurut Wakil Presiden Ma’ruf Amin, pemerintah berharap pada pada akhir Desember 2021, sebanyak 77% masyarakat Indonesia yang menjadi target sudah divaksinasi. Demikian diungkapkan Ma’ruf usai meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat yang diadakan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), Selasa (14/8).

Menurut Ma’ruf, pemerintah saat ini sudah menyiapkan vaksin untuk seluruh masyarakat yang menjadi target vaksinasi. Namun diakui bahwa proses vaksinasinya memerlukan waktu.

Baca juga: Ancaman Tiga Varian Covid-19, Pemerintah Awasi Ketat Seluruh Pintu Masuk

“Karena itu mengharapkan berbagai kalangan di pemda, TNI, Polri, dan kampus untuk terlibat dalam proses vaksinasi,” ujarnya.

Ma’ruf menjelaskan, untuk menurunkan kedaruratan pandemi covid-19 dari level 3 ke level 2 setidaknya 50% sudah divaksin. Sedangkan untuk turun ke level 1, setidaknya 70% masyarakat sudah divaksin.

“Jadi vaksinasi salah satu menjadi penentu turunnya level pandemi. Sehingga imunitas masyarakat walaupun covid-19 belum hilang,” ujarnya.

Ma'ruf juga berpesan agar pelaksanaan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat harus menerapkan protokol kesehatan. Hal ini untuk menghindari terciptanya klater baru penyebaran Covid-19 dari klaster sentra vaksinasi.

“Saya harap pelaksanaan sentra vaksinasi Covid-19 yang diinisiasi Iluni UI di The Media Hotel and Tower ini tetap memperhatikan dan mengutamakan protokol kesehatan, untuk menghindari terjadi klaster penularan baru,” pungkasnya. (Che)

BERITA TERKAIT