14 September 2021, 09:00 WIB

Inspirasi Desain Rumah Minimalis Rp50-70Jutaan


Sofia | Humaniora

HAL pertama yang dipikirkan orang ketika ingin membangun rumah adalah budget atau biaya

Salah satu opsi yang tersedia adalah mendirikan rumah kecil. Anda tidak perlu membeli tanah luas untuk mendirikan rumah, bahan bangunan yang diperlukan pun lebih sedikit. 

Selain efektif dalam hal biaya, rumah kecil tampak imut dan menyenangkan agar semua anggota keluarga dapat tinggal berdekatan.

Baca juga: Ini Daftar Tanaman yang Bisa Hidup di Aquascape

Namun, kini, Anda tetap bisa mendapatkan rumah yang ideal dengan budget yang terjangkau. Rumah model minimalis adalah solusinya. 

Anda bisa membangun rumah minimalis dengan modal Rp50 -70 juta. Dengan anggaran tersebut Anda sudah bisa mendapatkan hunian yang nyaman dan bagus untuk keluarga.

Nah ini beberapa rumah minimalis yang bisa Anda contoh untuk rumah impian Anda 

1. Rumah Minimalis 7x9 dengan 3 Kamar

Dengan modal Rp70 jutaan, Anda sudah bisa mendapatkan rumah minimalis dengan 3 kamar tidur. Untuk ukuran rumahnya, yakni 7x9 meter. 

Selain 3 kamar tidur, rumah ini memiliki ruang tamu, ruang keluarga, toilet, dan dapur. Bagian atap menggunakan triplek berbahan plafon. Ketebalan triplek 4 mili. 

Untuk lantainya, memakai keramik ukuran 40x40 untuk ruang keluarga, ruang tamu, dan lorong. Untuk ruang tidur memakai keramik ukuran biasa. 

2. Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur

Anda juga bisa membangun rumah minimalis 2 kamar tidur dengan anggaran Rp70 juta. Untuk luas tanahnya yaitu 30 m2. Kamar tidur satu lebih besar dari kamar tidur dua. Kamar tidur dua berukuran 2x3 meter yang diperuntukkan anak-anak. 

Untuk lantai rumah ini menggunakan keramik berukuran 40x40 cm. Pintu dan kusennya memakai kayu mahoni dengan ketebalan 3 cm. 

Jendelanya memakai alumunium. Lalu kamar mandinya berisi full keramik dinding, yang dilengkapi dengan closet dan shower.

3. Desain Rumah Minimalis 6x6 dengan 2 Kamar Tidur

Anda bisa membangun rumah minimalis dua kamar tidur dengan luas bangunan 6x6 meter. Luas kamar tidur berukuran 3x3 meter. Sedangkan kamar dua lebih kecil berukuran 2x3 meter. 

Lantai rumah menggunakan keramik berukuran 40x40 cm. Dapur memiliki luas 2 meter. Sementara tinggi plafon dari lantai yaitu 3 meter. 

Untuk pondasinya memakai batu kali dengan perpaduan beton bertulang. Ketebalan atau tinggi pondasi yakni 50 cm, dan slove kisaran 15 cm. 

Sementara tinggi plafon dari lantai yaitu 3 meter.

Dinding memakai batu bata merah. Kusen memakai kayu mahoni dengan ketebala 6.12. Pintu memakai mahoni ketebala 3 centi. Atap memakai genteng cor yang dicat. Rangka atap memakai galvalum ketebalan 0,7. 

4.Rumah gaya Jepang

Rumah gaya Jepang ini juga dilengkapi model genteng yang lazim ditemukan di rumah Jepang. Ada pintu geser unik yang merupakan paduan antara kaca dan kisi-kisi kayu. Tiga jendela kecil menjadi jalan masuk cahaya dan ventilasi tanpa mengorbankan privasi penghuni rumah. 

5. Rumah prefabrikasi 

Inilah desain rumah prefabrikasi (prefab) atau portabel kedua dalam buku ide ini. Bedanya, rumah yang juga didesain oleh ahli asal Taiwan ini lebih besar dan tampil dengan fasad gaya klasik. Perhatikan detil sempurna yang dimilikinya, termasuk bentuk atap perisai (hipped roof). 

6. Rumah Minimalis 6x7 dengan 2 Kamar Tidur

Bangunan rumah ini memiliki luas 6x7 meter. Rumah ini memiliki 2 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, dapur, dan tempat cuci. 

Ada sisa tanah di bagian depan dan samping rumah, yang bisa digunakan sebagai taman atau parkir motor.

Ruang tamu keluarga tanpa batas dinding. Ruangannya memliki ukuran 3x6 meter. Ruang tamu dan keluarga tidak dibatasi dinding, namun menggunakan pertisi atau pintu slide kaca. Dapur berukuran 1,5x3 meter. Kamar mandi berukuran 1,5x1,5. Kamar satu lebih besar dari kamar dua. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membangun rumah ini membutuhkan batu sekitar 1.600. Pasir 4 juta, kerikil 1 juta, bata merah jumlahnya 500 yakni 4.500. Sementara besi coran untuk cakar ayam, yang panjangnya 8-10 milimeter 5 juta.Semen padang 100 sak sekitar 6 juta. Seng 5 juta. Konsen kayu 8 lubang 1.600. Keramik kisaran 5 juta. Kayu untuk reng atau atap 6 juta. Sementara upah pembangunan tukang 25 juta. (OL-1)

BERITA TERKAIT