14 September 2021, 07:45 WIB

Ini 7 Jenis Tanaman Hias Daun yang Populer


Anggi Putri Lestari | Humaniora

HOBI merawat tanaman hias menjadi salah satu pilihan kegiatan di rumah selama pandemi covid-19. Salah satu jenis tanaman hias populer adalah tanaman hias daun. Kecantikan dan keunikan daun menjadi daya tarik beragam jenis tanaman hias ini, sebut saja, aglaonema, caladium, monstrea, dsb.

Baca juga: Manfaat Ekstrak Rimpang Keladi Tikus dan Daun Sirsak dalam Thyponisix

Menanam tanaman hias daun di halaman rumah tidak hanya bisa membuat suasana sejuk dan asri, tapi juga bisa mempercantik tampilan rumah.

Berikut adalah beberapa jenis tanaman hias daun terpopuler yang mudah dirawat di dalam ruangan.

1. Aglaonema

Aglaonema atau dikenal juga dengan nama Sri Rejeki sedang populer belakangan ini. Tanaman ini memiliki bentuk daun dengan ukuran besar dengan corak warna merah. 

Tidak hanya warna merah, aglaonema terdiri dari beberapa warna tergantung jenisnya. 

Aglaonema sendiri merupakan salah satu tanaman hias yang sangat mudah dirawat karena tidak memerlukan perawatan khusus. Bahkan, tanaman ini tidak mudah layu meski jarang disiram dan tidak mendapatkan banyak sinar matahari.

2. Caladium

Caladium atau keladi juga merupakan salah satu tanaman yang saat ini sedang populer. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati dengan corak kemerahan atau putih pada bagian tengahnya. Warnanya tergantung pada jenis tanaman caladium itu sendiri. 

Tanaman hias caladium dengan corak warna yang semakin jelas pada bagian tengahnya akan membuat harga tanaman hias ini semakin mahal.

3. Monstrea

Monstrea atau yang dikenal Janda Bolong ini sering dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah maupun di luar rumah.

Monstera dapat menambah nilai estetik pada rumah Anda. Selain itu, tanaman hias ini juga akan membuat rumah terlihat lebih asri. 

Bentuk daunnya yang bagus dengan bentuk mirip hati dan bagian tengah daun yang bolong membuat tanaman hias ini sangat diminati.

4.Suplir 

Tanaman ini mampu membuat suasana ruangan menjadi lebih menyegarkan karena tampilannya yang cantik. Daunnya kecil dengan bentuk seperti kipas.  

Tanaman ini cukup sulit dirawat. Suplir membutuhkan lingkungan yang tidak kering serta udara yang bersih untuk tumbuh dengan baik.

5.Lidah Mertua

Bentuknya yang panjang dan menggambarkan mertua yang cerewet adalah salah satu alasan pemilihan nama dari tanaman hias yang satu ini.

Tanaman dengan harga yang cukup tinggi ini banyak diburu pecinta tanaman hias karena bentuknya yang unik. 

Semakin unik dan langka jenis tanamannya, harga di pasaran lidah mertua pun akan semakin mahal.  

Lidah mertua juga sering ditanam di taman untuk menambah estetika dan keasrian pada taman. Lidah mertua ini mampu mengubah zat CO2 atau karbon dioksida menjadi O2 atau oksigen di malam hari. 

6.Tanduk Rusa

Tanaman yang sering disebut sebagai Simbar Menjangan ini merupakan tanaman hias yang bisa dijumpai tumbuh liar di seluruh daerah tropis.

Tanaman yang bisa ditempel di pohon atau digantungkan di dinding ini harus disimpan di tempat yang teduh atau tidak langsung terkena sinar matahari.

7.Philodendron 

Philodendron merupakan salah satu tanaman hias yang menjadi favorit banyak orang karena bentuknya yang kecil dan cantik. Bahkan tanaman hias daun kecil ini biasa dijadikan sebagai tanaman indoor atau interior pada ruangan di rumah. Tanaman hias daun kecil ini memiliki banyak ragam. 

Beberapa spesies di antaranya tumbuh dengan merambat dan ada yang tumbuh di semak-semak. Karena tanaman ini bisa tumbuh di mana saja dengan berbagai kondisi lingkungan, tentu menjadikan tanaman ini cukup spesial dan banyak digemari oleh para pecinta tanaman hias.

Itulah beberapa jenis tanaman hias daun yang populer saat ini. Semoga informasi ini menginspirasi! (OL-1)

BERITA TERKAIT