14 September 2021, 07:00 WIB

Ini Daftar Tanaman yang Bisa Hidup di Aquascape


Anggi Putri Lestari | Humaniora

TANAMAN hias bukan hanya hidup di daratan saja, melainkan ada juga jenis tanaman hias bisa hidup dan menyesuaikan diri di dalam air. 

Tanaman jenis ini bukan tumbuh di atas tanah yang tergenang air. Mereka adalah jenis tanaman yang tumbuh dan berkembang di dalam aquarium dan mempercantik setiap sudutnya. 

Baca juga: Manfaat Ekstrak Rimpang Keladi Tikus dan Daun Sirsak dalam Thyponisix

Jenis tanaman air aquascape bisa dihadirkan di dalam aquarium untuk menambah kesan indah dan memberikan suasana baru sebagai tempat tinggal ikan. Kalian hanya perlu mencari jenis tanaman yang cocok untuk menjadi dekorasi di dalam aquarium.

Simak yuk tanaman aquascape apa saja yang bisa kamu jadikan percobaan.

1. Java Moss 

Java moss merupakan tanaman aquascape yang paling umum. Java moss  adalah salah satu tanaman yang bisa sangat mudah tumbuh dan kuat untuk hidup dalam waktu yang lama. Tanaman ini memiliki banyak manfaat seperti memberi perlindungan untuk telur dan benih ikan, meningkatkan kualitas air dalam akuarium, dan menyediakan makanan untuk pengembangbiakan ikan.

2. Pakis Lidah

Tanaman ini tumbuh dari sebuah batang yang disebut sebagai rimpang. Cara pakis lidah menyerap nutrisi adalah melalui daun dan akar. Agar tanaman ini bisa tumbuh dengan baik, aquascape membutuhkan pencahayaan yang mencukupi dan tidak membutuhkan asupan karbon dioksida tambahan.

3. Anubias Nana

Anubias nana merupakan salah satu tanaman aquascape yang menjadi favorit bagi setiap pecinta tanaman air. Tanaman ini bisa tumbuh besar dalam waktu yang sangat singkat dan akan membuat komposisi tanaman akuatik menjadi tampak penuh dan terlihat sangat indah. 

Di balik bentuknya yang sangat indah, tanaman ini membutuhkan perawatan ekstra agar tidak tumbuh terlalu besar dan merusak komposisi yang ada di dalam air.

4. Amazon Sword

Tanaman amazon sword memiliki daun yang meruncing tajam ke atas layaknya sebuah pedang yang tajam. Karena karakteristik daunnya yang lebar, tanaman ini sering ditempatkan di bagian belakang. Tanaman ini bisa hidup di suhu 22-28 derajat Celsius dengan bantuan pencahayaan yang moderat.

5. Ludwigia Repens

Memiliki nama lain creeping primrose-willow, tanaman yang berasal dari wilayah Amerika ini cocok untuk menghias aquascape di rumah.

Batang tanaman ini bisa merayap hingga 30 cm dan daunnya yang berukuran 4-5 cm tersusun saling berlawanan.

6. Jungle Vallisneria

Apabila Anda memutuskan menambahkan beberapa ikan kecil dalam aquascape maka jungle vallisneria bisa menjadi pilihan utama untuk aquascape. 

Tanaman ini bisa tumbuh tinggi dengan cepat dan akan menjadi tempat bersembunyi yang baik bagi ikan-ikan Anda yang pemalu dan berukuran kecil agar tidak merasa terintimidasi oleh ikan lainnya di dalam air.

7. Giant Hairgrass

Giant Hairgrass memiliki daun yang memajang dan tipis menyerupai rambut. Tanaman ini dapat dengan mudah menjalar ke atas dan dapat tumbuh hingga 40 sentimeter. 

Selain itu, Giant Hairgrass mudah dibiakkan dan tidak perlu biaya mahal untuk dirawat. Karena panjang dan menjuntai, tanaman ini cocok difungsikan untuk menutupi pipa, pemanas, dan perangkat di dalam akuarium.

8. Cryptocoryne Wendtii

Tanaman Wendtii ini berasal dari Sri Lanka dengan berbagai macam warna, seperti merah, cokelat, hijau, dan beberapa kombinasi di antaranya. Wendtii dapat menoleransi sinar cahaya yang rendah maupun tinggi.

Cryptocoryne wendtii cocok untuk akuarium kecil dengan tinggi 10-15 cm dan lebar sekitar 8-15 cm. Apabila ditanam di ruang terbuka, daunnya akan membentang ke bawah. 

9. Water Wisteria

Water wisteria adalah jenis tanaman aquascape yang mudah dirawat. Tanaman ini cukup tangguh hidup di berbagai kondisi. Hanya membutuhkan sedikit perawatan sehingga tidak menyita banyak waktu pemiliknya.

10. Staurogyne Repens

Tanaman air ini berasal dari Sungai Cristalino di Amerika Selatan. Perawatan tanaman yang mudah dan juga merupakan tanaman yang kuat.
Saat ditanam di akuarium, tunas tegak panjangnya harus dipotong. 

Pada cahaya redup, pertumbuhan akan lebih tegak dan memicu pembentukan tunas samping yang baru.

11. Dwarf Baby Tears

Dwarf Baby Tears Plant memiliki daun yang kecil, dengan tumbuh padat dan rendah, dan memiliki tingkat pertumbuhan yang relatif sedang. 

Kendati bentuknya yang imut, tanaman air ini membutuhkan sorot cahaya yang tinggi dan memadai, setidaknya 2 lampu pada akuarium. 

Selain itu, tanaman kerdil ini sangat membutuhkan tambahan CO2 untuk bisa tumbuh baik dan maksimal.

12. Monte Carlo

Laju pertumbuhannya yang cepat dan tumbuhnya menjalar ke samping membuat banyak orang menyukai tanaman ini, untuk dijadikan carpet. Apabila terkena pencahayaan yang berlebih, Monte Carlo bisa tumbuh lebih lebat dan cepat. 

Itulah  12 jenis tanaman Aquascape, nah kalian ingin mencoba memelihara tanaman yang mana nih? (OL-1)

BERITA TERKAIT