14 September 2021, 05:15 WIB

Apa yang Dimaksud dengan Interaksi Sosial?


Febby Saraswati | Humaniora

INTERAKSI sosial adalah hubungan sosial yang dinamis berkaitan dengan hubungan antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, dan individu dengan kelompok.

Terdapat empat ciri-ciri sebuah interaksi bisa disebut sebagai interaksi sosial. Pertama, Ada pelaku dengan jumlah lebih dari satu orang. Jika seseorang sendiri saja maka tidak akan terjadi interaksi. 

Kedua, ada komunikasi antarpelaku dengan menggunakan simbol-simbol. Simbol yang digunakan dalam komunikasi adalah bahasa. Bahasa bisa lisan (verbal) atau bahasa isyarat. 

Baca juga: Tekan Kerumunan, Kawasan Wisata Berlakukan Ganjil Genap Kendaraan

Yang ketiga adalah adanya dimensi waktu. Interaksi sosial bisa terjadi pada masa lampau, masa kini, dan masa mendatang. 

Terakhir, atau yang keempat, yaitu ada tujuan-tujuan tertentu. Interaksi sosial terjadi karena para pelaku interaksi sosial memiliki tujuan dalam menjalin sebuah interaksi.

Selain pengertian dan ciri, interaksi sosial juga mempunyai syarat untuk terjadi. Ada dua syarat utama, yaitu kontak sosial dan komunikasi. 

Kontak sosial merupakan bertemunya dua pihak atau lebih secara fisik, baik tanpa alat (langsung) maupun dengan alat (tidak langsung, contohnya seperti telepon, SMS, media sosial).

Seberapa penting interaksi sosial? Manusia bisa dikategorikan sebagai mahluk sosial yang artinya hidup dengan saling bergantungan satu sama lain. Manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bergantung dengan orang lain, manusia pasti memerlukan bantuan dari orang lain. Contohnya saat kita sedang sakit, teman, sanak saudara ikut untuk membantu merawat kita sampai sembuh. (OL-1)

BERITA TERKAIT