13 September 2021, 23:46 WIB

Cegah Varian Mu, Pintu Masuk RI Hanya Soetha dan Sam Ratulangi


Insi Nantika Jelita | Humaniora

MENKO Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pintu masuk kedatangan dari luar negeri kini dibatasi hanya berada di dua bandara saja selama sepekan kedepan. Hal ini guna mengantisipasi lonjakan kasus covid-19 dari ancaman varian Mu.

Dua bandara tersebut ialah Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten dan Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. "Masuk dari udara hanya melalui Cengkareng dan melalui Manado. Untuk Bali kita akan pertimbangkan untuk bisa jalan, kita lihat satu atau dua minggu ke depan," ungkap Luhut dalam konferensi pers virtual Perpanjangan PPKM, Senin (13/9).

Menko Marves juga menegaskan, pemerintah mengetatkan persyaratan perjalanan luar negeri. Salah satunya ialah, baik WNI atau WNA wajib divaksinasi penuh atau sudah dua kali suntik. "Pengetatan persyaratan perjalanan internasional dari luar negeri wajib full vaksinasi, test PCR tiga kali dilakukan dan karantina selama 8 hari (dari bandara)," jelasnya.

Pemerintah pun resmi memperpanjangan PPKM Level 4, 3 dan 2 hingga 13 September 2021. Meski, perkembangan kasus secara nasional dinilai menunjukkan perbaikan yang signifikan dengan penurunan tren kasus konfirmasi secara nasional hingga 93,9%, Luhut meminta masyarakat untuk selalu waspada.

"Perlu kewaspadaan kita semua sekali lagi, karena terdapat peningkatan kasus konfirmasi atau angka kematian dibeberapa wilayah di Jawa Tengah seperti Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Semaran," pungkasnya. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT