10 September 2021, 18:56 WIB

Jangan Beri Panggung Saipul Jamil, Bahkan untuk Konten Edukasi


M. Iqbal Al Machmudi |

KETUA Subkomisi Partisipasi Masyarakat Komnas Perempuan, Veryanto Sitohang menilai sebaiknya televisi mempertimbangkan atau tidak memunculkan eks narapidana pedofilia Saipul Jamil untuk tampil di televisi, sekalipun itu bentuknya untuk untuk edukasi.

"Ini untuk kepentingan korban, keluarganya dan masyarakat. Korban kekerasan seksual memiliki trauma yang dalam atas peristiwa yang dialaminya," kata Veryanto saat dihubungi, Jumat (10/9).

Menurutnya ketika pelaku muncul kembali di ruang publik ini akan menghidupkan luka kembali terhadap korban. Walaupun kasusnya sudah inkracht tapi trauma korban belum tentu pulih.

Baca juga: Salahnya Saipul Jamil di Mana?

Korban mengalami situasi yang berbeda sebelum peristiwa kekerasan seksual terjadi hingga pelaku sudah menyelesaikan hukumannya. Karena itu penting sekali memperhatikan aspek pemulihan terhadap korban.

"Pemulihan ini kita harapkan diatur dalam RUU Penghapusan Kekerasan Seksual yang sedang di bahas DPR saat ini," ujarnya.

Di sisi lain, publik juga berhak atas tayangan yang baik dengan menghadirkan pengisi acara dengan rekam jejak yang baik.

"Karena mereka adalah role model yang memiliki penggemar yang berpotensi meniru karakter pengisi acara tersebut," pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT