10 September 2021, 11:52 WIB

Optimalisasi Kualitas Hidup Lansia di Masa Pandemi


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

Generasi muda memiliki peran penting untuk mendampingi lansia di masa covid-19 untuk melakukan upaya preventif agar tidak terpapar serta mengoptimalkan kualitas hidup lansia.

Ketua Centre for Ageing Studies UI, Dr. Fatmah mengatakan ada pun caranya seperti lakukan aktivitas fisik seperti berjemur, olahraga ringan, bertanam dan sebagainya.

"Ajak lansia melakukan hobi agar lebih senang dan keluarga memiliki peran penting untuk memperhatikan gizi konsumsi makanan gizi seimbang," kata Fatma dalam FGD: Mendampingi Generasi Senior di Masa Covid-19, Kamis (9/9).

Baca juga: Ada 925 Ribu Guru Honorer Jadi Peserta Rekrutmen PPPK 2021

Keluarga juga melakukan pendekatan sosial dan psikologis dengan membangun interaksi degan para lansia tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Keluarga juga harus menyampaikan fenomena yang terjadi saat pandemi ini agar lansia juga mengetahui kondisi terkini. Namun hindari berita atau informasi yang menimbulkan rasa khawatir, dan mendengarkan info positif untuk meningkatkan imunitas," ucapnya.

Lakukan vaksinasi lengkap bagi lansia dengan menjauhi keramaian, kegiatan sosial seperti pusat belanja dan lainnya. Serta pantau kesehatan lansia secara berkala bagi lansia yang komorbid.

"Oleh karena itu harus didukung dengan ciptakan lingkungan rumah yang nyaman, bersih, pencahayaan terang dan sebagainya," pungkasnya.(H-3)

BERITA TERKAIT