09 September 2021, 20:46 WIB

Penataan Kawasan Borobudur Ditargetkan Rampung Akhir Tahun Ini


Insi Nantika Jelita |

PERUSAHAAN BUMN bidang konstruksi, yakni PT Brantas Abipraya (Persero), tengah menggarap penataan baru Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Perseroan menargetkan penataan tersebut rampung pada Desember 2021. Selain itu, perusahaan juga tengah membangun Gerbang Palbalang, yakni penanda kawasan dari arah Yogyakarta dengan jarak dari Candi Borobudur sejauh 8 km.

"Hingga saat ini, progres pengerjaan sangat baik. Kami optimis dapat selesaikan akhir tahun,” ujar Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya Miftakhul Anas dalam keterangan resmi, Kamis (9/9).

Baca juga: Pemerintah Bangun Kawasan Wisata Borobudur Highland Rp350 Triliun

Adapun Gerbang Palbalang yang memiliki ikon patung singa, nantinya juga dilengkapi hall atau ruang serbaguna. Lalu, ruang pengelola atau security dan MEP (Mechanical Electrical & Plumbing), toilet dan lansekap taman.

Brantas Abipraya pun tengah menyelesaikan Gerbang Blondo, yakni pintu masuk untuk wisatawan Borobudur dari arah Semarang dengan jarak dari Candi Borobudur sekitar 10 km. Gerbang Blondo akan dihiasi ikon berupa imej Pohon Kalpataru, yang dipercaya sebagai pohon hayat atau pohon kehidupan. 

Baca juga: Sandiaga Janjikan Rp500 Miliar Bantu Industri Kreatif

Serupa dengan Gerbang Palbalang, di Gerbang Blondo juga akan dilengkapi berbagai fasilitas. Seperti, tempat beribadah (mushola), toilet, bike station, hingga area parkir. Lalu, perseroan juga tengah mengebut pengerjaan di area Gerbang Kembang Limus. 

Itu merupakan gerbang berukuran paling besar dengan luas 2 hektare, yang menjadi penanda kawasan dari arah Purworejo. Berjarak kurang lebih 4 km dari Candi Borobudur, gerbang ini bakal memiliki banyak fasilitas. Misalnya, kios cinderamata, kios kuliner, mushola, panggung terbuka, toilet, ruang utilitas dan pengelola, pendopo multi fungsi, serta area parkir bus.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT