06 September 2021, 21:28 WIB

Program MBKM Tingkatkan Kompetensi Dan Jaringan Mahasiswa


Widhoroso | Humaniora

UNIVERSITAS Pancasila (UP) Jakarta mendukung penuh program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang ditetapkan pemerintah. Pengembangan kompetensi mahasiswa, baik soft skill maupun hard skill menjadi fokus UP.

Hal itu diungkapkan Rektor UP Prof. Dr. Edie Toet Hendratno pada acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Universitas Pancasila
(PKKMB) secara daring di Jakarta, Senin (6/9).

"Kami mendorong mahasiswa mengikuti program MBKM untuk meningkatkan kompetensi dan memperluas jaringan. Program-program MBKM di dalamnya fokus pada pengembangan kompetensi para mahasiswa baik soft skill maupun hardskill," katanya.

Menurut Edie Toet, mahasiswa UP banyak yang berminat mengikuti Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Matching Fund, Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Kuliah Kerja Nyata (KKN), Indonesian International Student Mobility Awards, Magang Bersertifikat, Studi Independen, Riset Penelitian dan Wirausaha.

"Kegiatan ini terus didorong agar semakin banyak mahasiswa yang menjadi peserta. Konsep MBKM ini pada dasarnya menjadikan mahasiswa untuk lebih bersosialisasi dengan lingkungan di luar kelas," ujar Rektor.

Di sisi lain, Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP) Dr. Ir. (HC) Siswono Yudo Husodo mengharapkan seluruh mahasiswa baru untuk menjadi pembelajar yang aktif dan bukan hanya mengambil pelajaran dari para dosen. Ia berharap para mahasiswa juga aktif menggali ilmu dari teman dan dari seluruh sumber pembelajaran yang dengan mudah diakses.

Rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Universitas Pancasila (PKKMB) yang berlangsung secara daring, diikuti oleh 2.050 mahasiswa baru. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi dari siswa SMA menjadi mahasiswa, dalam rangka proses adaptasi dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Saat ini, program studi di UP 80 persen terakreditasi A dan sedang menuju Akreditasi Unggul. Sedangkan untuk D3 akan segera diupgrade menjadi D4 atau terapan. (Ant/OL-15)

 

BERITA TERKAIT