06 September 2021, 19:29 WIB

Begini Strategi Pemerintah Hadapi Transisi Pandemi Covid-19 Menjadi Epidemi


Ferdian Ananda Majni |

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pemerintah telah menyusun strategi transisi pandemi Covid-19 menjadi epidemi. Hal itu menurutnya karena ada indikasi Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu dekat.

"3 strategi pengendalian pandemi kita akan menjadi kunci utama dari transisi kehidupan kita ketika Covid-19 ini menjadi epidemi dari pandemi," kata Menko Luhut dalam konferensi pers update penanganan Pandemi Covid-19 secara virtual Senin (6/9).

Menko Luhut merincikan bahwa 3 strategi tersebut adalah peningkatan coverage vaksinasi yang cepat untuk seluruh masyarakat Indonesia, testing-tracing-treatment yang baik, dan kepatuhan prokes 3M yang tinggi. 

Baca juga : Jokowi Soroti Keramaian Tempat Wisata, Sandiaga Ingatkan warga Tidak Euforia

"Sistem Pedulilindungi yang kita gunakan saat ini akan menjadi integrator utama dari 3 strategi tersebut, sehingga bisa meminimalkan penularan Covid-19 ketika kita membuka kembali aktivitas masyarakat," sebutnya.

Oleh karena itu, pemerintah tidak bosan-bosannya untuk mengingatkan kepada seluruh komponen masyarakat untuk mematuhi protokol Kesehatan dan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi sesuai dengan instruksi dari pemerintah. 

"Dalam 1 minggu terakhir, kami menemukan banyak pelanggaran seperti yang muncul di media dalam beberapa hari ini. Pemerintah akan mengambil Langkah persuasif dalam penegakan aturan-aturan ini sebelum mengambil langkah tegas jika upaya-upaya persuasif diabaikan," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT