04 September 2021, 20:21 WIB

Airlangga Kunjungi Pasien dan Nakes di Isoter Terapung Jayapura


mediaindonesia.com | Humaniora

MENTERI Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, melakukan peninjauan fasilitas Isolasi Terpusat (Isoter) Terapung di Kapal Motor (KM) Tidar yang bersandar di Pelabuhan Jayapura, Papua, pada Sabtu (4/9).

Di lokasi, dari jarak jauh Airlangga berdialog dengan para pasien yang tengah melakukan isolasi.Saat ini hanya tinggal 17 pasien yang masih melakukan isolasi di dalam kapal.

KM Tidar yang dioperasikan sebagai Isoter Terapung tersebut mampu memuat sampai dengan 929 tempat tidur bagi pasien Covid-19. Namun yang disiapkan hanya sekitar 800 tempat tidur.

Agar proses penanganan berjalan dengan baik, KM Tidar didukung dengan 29 orang tenaga kesehatan (nakes) yang terdiri dari 6 dokter, 12 perawat 1 ahli gizi, 2 apoteker, 4 relawan, dan 4 petugas analisis.

Airlangga pun tak lupa menyemangati para nakes dan anak buah kapal (ABK) yang sedang bertugas.

“Kepada nakes dan ABK, kita ucapkan terima kasih, luar biasa! Kita ucapkan juga selamat bertugas. Semoga kasus lekas turun jadi semuanya bisa beraktivitas normal kembali. Tapi kalian masih akan bertugas sampai PON selesai ya,” ujar Airlangga pada para Nakes.

Isoter terapung adalah salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam penanganan pasien Covid-19. Hal tersebut bertujuan untuk menekan kasus aktif dan laju penyebaran Covid-19. Inisiasi pemerintah tersebut terwujud atas kerjasama PT Pelni, Kemenhub dan Pemerintah Daerah.

“Tujuan adanya Isoter Terapung ini salah satunya untuk mengurangi klaster rumah, jadi banyak pasien yang ditarik dari Isoman ke Isoter,” jelas Airlangga 

Isoter Terapung sendiri telah disiapkan pemerintah sebanyak lima kapal yang ditempatkan di lima pelabuhan yang berbeda, yaitu di Pelabuhan Bitung, Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Sorong, dan Pelabuhan Jayapura.

Selain meninjau Isoter Terapung, Airlangga juga meninjau lokasi pelaksanaan vaksinasi di Pelabuhan Jayapura. Peninjauan tersebut juga diikuti dengan penyerahan bantuan berupa obat-obatan, masker, dan sabun kepada Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano.

Terkait pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) yang akan berlangsung 2-15 Oktober 2021 mendatang. Airlangga ingin target vaksinasi dikejar. Targetnya Jayapura, Mimika, dan Merauke, proses vaksinasinya antara 70%-100% yang dosis 1 sebelum PON dimulai, dan dosis 2 menyesuaikan.

"Untuk penonton PON terbatas dan hanya yang sudah divaksin (yang boleh). Jadi ini harus didorong kepada masyarakat untuk siap divaksin,” pungkas Airlangga. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT