03 September 2021, 20:45 WIB

Masyarakat Harus Ikut Cegah Menyebarnya Hoaks


Arnoldus Dhae | Humaniora

DIRJEN Informasi dan Kebijakan Publik, Kominfo RI, Usman Kansong mengingatkan masyarakat pentingnya menggunakan teknologi informasi dengan tepat dan benar. Ia juga berharap teknologi informasi bisa mengorkestrasi dan menggerakkan harmoni komunikasi publik pemerintah, agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

"Saya kira tantangan kita era digital adalah bagaimana memerangi apa yang sering kita dapatkan yakni yang kita sebut hoaks, disinformasi, dan malinformas. Tentu saja ini harus kita perhatikan melalui berbagai program dan berbagai langkah," ujar Usman dalam webinar bertema Masa Depan Media Pascadigitalisasi Televisi dan Era 5G, Kamis (2/9), dalam rangka acara Safari Jurnalistik.

Usman Kansong menjelaskan, bahwa salah satu ihwal penting dalam orkestrasi komunikasi publik adalah mencegah beredarnya hoaks maupun kabar bohong melakukan literasi digital. Untuk itu, ia menegaskan komitmen menjaga ruang digital dari berbagai konten negatif salah satunya menuntut tanggung jawab dan kontribusi dari platform digital di Indonesia.

Sementara pembicara lainnya, Nurjaman mengatakan saat ini platform media digital berkembang sangat pesat seiring berkembangnya teknologi. Termasuk kehadiran platform lain yang semakin banyak sehingga mengharuskan media tampil kreatif dan inovatif.

baca juga: Literasi Digital

"Salah satu kunci untuk tetap bertahan adalah beradaptasi dengan mengikuti kemajuan dunia digital. Apalagi saat era teknologi 5G telah mulai diaplikasikan," ujar Nurjaman Mochtar, Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat sekaligus Pemred sariagri.id.

Pada bagian lain, Head of Corporate Communication PT Astra International Boy Kelana Soebroto menyambut baik kerja sama dengan Sekolah Jurnalis PWI.

Menurutnya Safari Jurnalistik ini bentuk dukungan dan komitmen PT Astra Internasional untuk ikut meningkatkan wawasan dan profesionalisme wartawan Indonesia. (N-1)

 

 

 

BERITA TERKAIT