31 August 2021, 15:22 WIB

Menkeu: Pengendalian Covid-19 di RI Lebih Baik dari AS, India dan Brasil


Despian Nurhidayat | Humaniora

MENTERI Keuangan Sri Mulyani menyebut Indonesia sebagai negara dengan upaya pengendalian covid-19 yang lebih baik. Dalam hal ini, jika dibandingkan negara lain, seperti Amerika Serikat (AS), India dan Brasil.

"AS itu lebih dari 39 juta orang atau 12% dari total penduduk sudah terkena covid-19. Disusul India yang mencapai 32,7 juta penduduk dari total populasi. Brasil mencapai 20,7 juta orang atau 9,8% dari total penduduk," ujar Ani, sapaan akrabnya, dalam Seminar Nasional ISEI 2021, Selasa (31/8).

Baca juga: Presiden Apresiasi Pelaksanaan Vaksinasi Door to Door

Lebih lanjut, dia mengatakan saat ini Indonesia baru mencatatkan angka penularan covid-19 sebesar 4,08 juta orang. Itu sekitar 1,5% dari total penduduk Indonesia. Pemerintah dikatakannya terus melakukan berbagai upaya agar penularan covid-19 tidak semakin meluas.

"Kita melakukan langkah seperti pembatasan skala mikro, dengan gradasi yang ditetapkan WHO. Ini cukup efektif untuk mengendalikan covid-19 dalam waktu relatif singkat. Selama Juli 2021, juga kita melakukan PPKM yang ketat. Pada Agustus 2021, kasus (covid-19) mengalami penurunan," imbuh Bendahara Negara.

Baca juga: Banyak Ibu Hamil yang Tidak Lolos Screening Vaksin Covid-19

Pihaknya optimistis dengan kerja sama yang baik dari seluruh pihak, termasuk pemerintah hingga level masyarakat, Indonesia dapat mengatasi pandemi covid-19. Bahkan, mampu mengembalikan kondisi seperti sedia kala.

"Ini menggambarkan kalau masyarakat bersama pemerintah dan seluruh stakeholder menangani covid-19 dengan protokol kesehatan dan meningkatkan vaksinasi, kita mampu mengendalikan covid-19. Kegiatan sosial dan ekonomi menjadi mudah atau relatif bisa dikembalikan ke level normal," pungkas Ani.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT