30 August 2021, 19:50 WIB

Tren Penanganan Covid-19 Membaik, Presiden: Tetap Waspada


Andhika Prasetyo |

KONDISI kesehatan masyarakat di Tanah Air terus menunjukkan perbaikan. Hal tersebut terlihat dari positivity rate dan tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) yang terus menurun.

Pemerintah mencatat, positivity rate secara nasional sebesar 8,03% atau yang terendah sejak 28 Mei silam. Adapun, BOR tercatat terus melandai ke angka 27%.

"Alhamdulillah, atas kerja keras seluruh pihak dan rido Allah, dalam satu minggu terakhir, terjadi tren perbaikan situasi covid-19," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/8).

Kendati demikian, Jokowi menegaskan bahwa seluruh elemen bangsa harus tetap berhati-hati.

Baca juga : Tidak Perlu Pilih-Pilih Jenis Vaksin Covid-19, Manfaatnya Sama

Perkembangan covid-19 dengan berbagai variannya masih sangat dinamis sehingga kewaspadaan mesti dijaga.

"Kita harus mempelajari perkembangan situasi covid-19 di berbagai negara dan mengambil pelajaran dari mereka. Beberapa negara yang sudah melakukan vaksinasi terhadap lebih dari 60% ternyata saat ini juga masih mengalami lonjakan kasus. Hal ini terjadi karena masyarakat di sana tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan," jelas mantan wali kota Solo itu.

Oleh karena itu, ia kembali menekankan pentingnya menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Kita harus bersama-bersama menjaga agar kasus covid-19 tidak naik lagi. Kuncinya sederhana, ayo segera ikut vaksinasi, ayo disiplin terapkan protokol kesehatan," tandasnya. (OL-7) 

BERITA TERKAIT