30 August 2021, 17:37 WIB

Goodnovel Raih Peringkat Teratas Aplikasi Menulis Novel


Mediaindonesia.com | Humaniora

GOODNOVEL Indonesia menduduki peringkat teratas sebagai aplikasi paling banyak diunduh dan digunakan baik di Play Store maupun Appstore Indonesia. Sedangkan di dunia, GoodNovel menduduki peringkat ketiga untuk aplikasi novel online. GoodNovel merupakan aplikasi cerita daring berasal dari Singapura.

CEO GoodNovel Brenda Cheong mengatakan pertumbuhan pengguna aplikaisnya yang fokus menyediakan ruang bagi penulis cerita daring, sejak masuk ke Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu. Dari 2 juta penggunanya, 40% berasal dari Indonesia.

Hal ini di luar perkiraan GoodNovel saat mencoba masuk ke pasar Indonesia pada Februari 2021. "Tidak hanya itu, berdasarkan data terakhir di App Annie, aplikasi kami berhasil mengungguli TikTok dengan menduduki posisi teratas sebagai aplikasi yang menghasilkan uang paling banyak di Indonesia," jelas dia dalam keterangan resmi, Senin (30/8).

Tidak ingin mengecewakan pengguna Indonesia, GoodNovel terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, baik pembaca maupun pennulis. Salah satunya, pihaknya bekerja sama dengan berbagai dompet digital agar pembaca semakin mudah bertransaksi untuk membeli koin. 

GoodNovel juga berusaha menjadi lebih dari sekadar aplikasi untuk penulis novel daring semata. Saat ini, GoodNovel membuka kesempatan sebesar mungkin untuk semua genre dan bagi siapa pun yang memiliki ketertarikan pada dunia menulis. "Sebagai informasi GoodNovel sudah memfasilitasi penulis dengan menyediakan 10 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Ada lebih dari 10 ribu cerita berbahasa Indonesia yang dapat ditemui di aplikasi ini," papar Brenda.

GoodNovel Indonesia  mengadakan kelas pelatihan menulis sebagai ruang belajar bagi penulis. Melalui program Beasiswa Saturday With GoodNovel, para penulis diberi kesempatan belajar menulis novel secara intensif bersama editor berpengalaman GoodNovel. "Para editor GoodNovel Indonesia yang menjadi fasilitator mengingat mereka yang paling memahami pasar Indonesa," terang Brenda. 

Program itu menawarkan pengalaman belajar yang berbeda melalui kegiatan live class melalui Zoom/Google Meet, video learning, dan tugas agar peserta semakin memahami. Yang lulus diberi kesempatan mendapatkan kontrak eksklusif. Saturday with GoodNovel diselenggarakan secara daring mengingat Pulau Jawa dan Bali masih dalam status PPKM. 

Melihat antusiasme peserta sangat tinggi, GoodNovel Indonesia berharap kelas menulis tersebut akan memunculkan penulis-penulis baru berpotensi. Untuk informasi seputar kelas menulis daring ini dapat dilihat di akun Instagram GoodNovelIndonesia. Dapat diakses melalui aplikasi GoodNovel atau laman www.goodnovel.com/id

Menurut Brenda, sekarang merupakan saat yang tepat bagi penulis untuk bergabung dan berkembang bersama GoodNovel. Sebagai aplikasi dengan pengguna terbanyak dibanding aplikasi sejenis dan yang paling menghasilkan uang di Indonesia tentu ini berarti penulis dapat berpenghasilan fantastis.

Baca juga: Pernikahan-Kecanduan Gadget, Penyebab Anak Putus Sekolah di 2021

"Saat ini penghasilan seorang penulis yang masuk peringkat atas di GoodNovel Indonesia berada di kisaran angka US$10.000 per bulan. Besar kemungkinan angka itu akan menjadi semakin fantastis," tandasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT