30 August 2021, 16:21 WIB

Pernikahan-Kecanduan Gadget, Penyebab Anak Putus Sekolah di 2021


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

Komisioner Komisi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti mengatakan selama pandemi masih banyak siswa yang berhenti sekolah dengan alasan menikah hingga kecanduan gadget.

"Kebanyakan sekolah tidak mengetahui alasan siswanya berhenti sekolah tapi kami mendapatkan data bahwa ada 119 kasus anak menikah sehingga putus sekolah kemudian juga ada di 2021 sebanyak 33 kasus," kata Retno dalam Rakornas KPAI Persiapan PTM dan Program Vaksinasi Anak Usia 12-17 Tahun Berbasis Sentra Sekolah," Senin (30/8).

Selain itu, lanjut Retno, anak yang putus sekolah karena bekerja ada namun angkanya tidak sebanyak anak putus sekolah karena menikah. Sayangnya dirinya tidak merinci jumlah anak yang putus sekolah karena bekerja.

Baca juga: Tahap Ke-45, Sebanyak 9,2 Juta Vaksin Tiba di Tanah Air

Retno juga mengungkapkan ditemukan anak yang putus sekolah karena kecanduan gadget. Karena menjalani rehabilitasi membuat anak untuk cuti/ berhenti sekolah sementara.

"Di tahun 2021 kami juga menemukan anak-anak terpaksa putus sekolah karena kecanduan gadget dan game online," ucapnya.

Padahal sekolah sendiri masih menerapkan pembelajaran secara daring, sehingga anak-anak tersebut memilih cuti tidak melanjutkan sekolah dulu.

"Ini adalah hal-hal yang kami pertanyakan permasalahan kaitannya dengan masa pandemi ini," pungkasnya. (H-3)

BERITA TERKAIT