30 August 2021, 13:39 WIB

96,5 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Telah Disuntikkan ke Masyarakat


Despian Nurhidayat | Humaniora

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan pemerintah sudah menggelontorkan 96,5 juta dosis vaksin covid-19 yang disuntikkan kepada masyarakat Indonesia. Menurutnya, pemerintah juga menargetkan bahwa vaksinasi dapat menembus di atas 100 juta dosis pada pekan ini.

“Sekarang vaksinasi Indonesia sudah di angka 96,5 juta. Menurut Pak Menteri Kesehatan akan diupayakan dalam minggu ini bisa menembus di atas 100 juta,” ungkapnya dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi XI DPR RI, Senin (30/8).

96,5 juta dosis vaksin covid-19 yang disuntikkan kepada masyarakat Indonesia ini berdasarkan data per Minggu (29/8) yang meliputi 61,65 juta dosis pertama dan 34,85 juta dosis kedua.

Sri Mulyani menambahkan, percepatan vaksinasi merupakan upaya untuk menekan potensi pandemi menjadi endemi pada tahun depan sebingga pemerintah pun turut mengundang para ahli epidemiologi baik dalam maupun luar negeri.

Baca juga : Warga Tanpa NIK Bisa Vaksinasi di Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat hingga 3 September

“Kita menggunakan semua resources karena semua sepakat pandemi ini very likely menjadi endemi hanya bagaimana semua negara mendesainnya (mengatasinya),” kata Sri Mulyani.

Dia menuturkan bahwa pemerintah akan memprioritaskan masyarakat dengan usia di atas 60 tahun maupun memiliki komorbid atau penyakit penyerta untuk divaksinasi karena mereka lebih rentan terhadap covid-19.

Tak hanya itu, anak-anak usia dini turut menjadi prioritas pemerintah mengingat mereka harus bersekolah namun juga harus tetap aman dari covid-19.

Selain itu, akselerasi vaksinasi juga bertujuan untuk mengurangi dampak pandemi terhadap perekonomian yang pada tahun lalu global terkontraksi atau minus 3,2% sedangkan perdagangan internasional minus 8,3%.

“Makanya tahun ini adalah tahun yang diharapkan menjadi tahun rebound dan recovery,” pungkasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT