26 August 2021, 12:37 WIB

LIPI Terus Dorong Peningkatan Dana Riset Eksternal


Faustinus Nua |

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terus mendorong peningkatan dana riset eksternal untuk optimalisasi kegiatan penelitian. Anggaran tersebut bisa diperoleh melalui berbagai kerja sama riset dengan pihak-pihak ekternal di tahun ini dan tahun-tahun mendatang.

"Tahun ini kita menargetkan para Peneliti Ahli Utama bisa mendapatkan pendanaan riset dari eksternal. Diharapkan semakin banyak kolaborasi yang dipimpin oleh para Peneliti Ahli Utama," ungkap Plt. Kepala LIPI Agus Haryono kepada Media Indonesia, Kamis (26/8).

Dijelaskannya, ada berbagai macam tipe kerja sama yang sedang dan akan terus dikembangkan LIPI bersama mitra eksternalnya. LIPI akan terus meningkatkan kerja sama riset internasional, kerja sama dengan mitra industri, pendanaan riset dari LPDP, kolaborasi dengan BUMN dan hibah riset dari Kementerian.

Baca juga: Kemenag Dukung Sinergi Akselerasi Pengembangan Industri Halal

Kerja sama itu diharapkan bisa menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Sekaligus lewat kerja anggaran eksternal LIPI akan terus meningkat yang menandakan makin efektifnya lembaga riset nasional dari segi optimalisasi kegiatan penelitian.

Agus membeberkan bahwa pendanaan riset eksternal LIPI mengalami peningkatan. Di tahun 2020 lembaga riset itu tercatat memperoleh 69% dana riset eksternal dari total Rp1,67 triliun.

."Jika dilihat dari data tahun 2020 lalu, perolehan anggaran eksternal yang diperoleh oleh peneliti bidang teknik sebesar 69% dari total anggaran yang diperoleh dari DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran)," jelasnya.

LIPI, lanjutnya, tidak mengelompokkan perolehan anggaran tersebut dari Peneliti Muda/ Madya/ Utama. Dan beberapa inovasi dihasilkan dari anggaran tersebut seperti inovasi penyediaan air bersih di Cisolok Sukabumi, riset penanganan covid-19 (sterilisasi, RT PCR, APD Covid-19), inovasi deteksi covid-19, inovasi solid perfume dari atsiri Indonesia, pengembangan obat herbal terstandar dari tanaman obat Nusantara, pengembangan implan tulang dan lainnya.

Dari capaian di tahun sebelumnya, LIPI terus melanjutkan peningkatan dana riset eksternal untuk mendukung produktivitas riset. Dalam Rencana Strategis tahun 2020-2024, LIPI menerapkan kebijakan bahwa anggaran penelitian yang bersumber dari DIPA harus diimbangi dana eksternal dengan perbandingan 1:1. (H-3)

BERITA TERKAIT