22 August 2021, 21:45 WIB

Orang Tua Cenderung Tak Mau Ambil Risiko Terkait PTM


M Iqbal Al Machmudi | Humaniora

PEMERHATI pendidikan dari Perkumpulan Keluarga Besar Tamansiswa (PKBT) Ki Darmaningtyas mengatakan meski sudah menjadi zona hijau dan banyak masyarakat yang divaksin tidak banyak orang tua yang akan berani ambil risiko menyekolahkan anaknya untuk Pertemuan Tatap Muka (PTM).

"Jadi orang tua dan sekolah tidak berani ambil risiko. Tapi kalau sudah lama menjadi zona hijau saya kira PTM sangat memungkinkan. Memang butuh waktu lama untuk PTM ya itu merupakan konsekuensi logis dari adanya pandemi," kata Ki Darmaningtyas saat dihubungi, Minggu (22/8).

Ia melanjutkan, sebenarnya ada cara alternatif jika PTM sudah dimungkinkan digelar, yaitu dengan membatasi kehadiran siswa hingga 50% dan 50% lainnya hadir di pertemuan selanjutnya.

Tetapi, lanjutnya, cara itu memberi dampak lamanya satu pembahasan materi pembelajaran. "Konsekuensinya adalah pelajarannya tertunda karena harus 2 kali ngajar dalam 1 pokok pembahasan itu risikonya. Itu pun juga butuh persyaratan yakni ruang kelas yang sehat karena tidak semua sekolah memiliki ruang kelas yang laya," ujarnya.

Ki Darmaningtyas menyebutkan jika sekolah memiliki halaman sekolah yang cukup luas maka pembelajaran bisa dilakukan di luar ruang kelas sehingga aman.

"Menyelipkan kegiatan pembelajaran di luar kelas itu lebih aman," ucapnya. (H-2)

BERITA TERKAIT