22 August 2021, 13:57 WIB

Di Bandara Soekarno-Hatta Ada Ambulans Terbang


Fetry Wuryasti | Humaniora

BANDARA Soekarno-Hatta memperluas fasilitas dan layanan guna mengakomodir beragam penerbangan dan kebutuhan masyarakat. Mulai bulan ini Bandara Soekarno-Hatta memperkenalkan layanan baru yakni penerbangan untuk evakuasi medis (medical evacuation/medevac) menggunakan helikopter ambulans yang dioperasikan oleh Whitesky Aviation.

Penerbangan medevac ini dilakukan di Cengkareng Heliport yang berada di dalam kawasan Bandara Soekarno-Hatta dan terkoneksi dengan rumah sakit di Jabodetabek.

President Director of PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan layanan medevac ini bertujuan untuk membantu pihak yang membutuhkan penanganan medis secara cepat.

“Semangat dari medevac ini adalah menyediakan transportasi medis sangat cepat yang dilakukan dengan penerbangan helikopter, agar pasien dapat cepat mendapatkan penanganan lebih lengkap di rumah sakit yang ada di Jabodetabek. Medevac ini merupakan salah satu upaya Bandara Soekarno-Hatta dalam melengkapi fasilitas dan layanan penerbangan guna mengakomodir kebutuhan yang beragam. Kami berharap medevac ini dapat bermanfaat bagi khususnya terkait aspek medis,” kata Awaluddin, Minggu (22/8).

Layanan Medevac ini terbuka untuk umum, termasuk juga dapat digunakan oleh penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan memerlukan penanganan medis secara cepat di rumah sakit.

Baca juga : Berkurang 49, Pasien Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Kini 1.365 Orang

Medevac di Cengkareng Heliport ini juga dapat digunakan untuk memindahkan pasien dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya guna mendapatkan penanganan khusus.

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengatakan armada helikopter yang digunakan dalam layanan heli medevac ini terdiri dari 2 tipe.

“Pertama adalah type Bell 505 dan kedua adalah type Bell 429, dua helikopter ini juga dilengkapi tim medis dan perlengkapannya sesuai kebutuhan guna memastikan penanganan terbaik selama pasien diantarkan menuju rumah sakit. Kemudian adalah Heliport Emergency Unit yaitu fasilitas dalam heliport diperuntukkan guna penanganan sementara kondisi darurat pasien, sebelum dibawa menggunakan helikopter ke rumah sakit,” ujar Denon Prawiraatmadja.

Denon Prawiraatmadja menambahkan layanan medevac ini diperkuat dengan paramedis profesional.

“Medevac dari Cengkareng Heliport diperkuat oleh tim paramedis yang mampu melakukan penanganan medis bagi pasien di helikopter, untuk memastikan pasien mendapat penanganan yang tepat selama penerbangan ke RS.

Adapun Cengkareng Heliport juga menyiapkan kendaraan ambulans jika sesuai kebijakan paramedis pasien dapat melakukan perjalanan darat untuk menuju rumah sakit. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT