21 August 2021, 21:45 WIB

Bangun Masyarakat untuk Bangkitkan Resiliensi Hadapi Pandemi


mediaindonesia.com | Humaniora

MESKIPUN merupakan agenda acara tahunan, penyelenggaraan acara Dies Natalis ke-61 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) terasa berbeda.

Kali ini adalah tahun ke-2 penyelenggaraan acara Dies Natalis di masa pandemi Covid-19 sehingga pelaksanaanya dengan menerapkan protokol kesehatan dan dilakukan secara daring. Tak hanya itu, Dies Natalisdiselenggarakanpanitia dari alumni 3 angkatan yaitu angkatan 89, 90, dan 91.

Dengan mengusung Visi Psikologi UI Untuk Indonesia Bangkit, panitia penyelenggara yang terdiri dari para alumni dan civitas akademi dari Fakultas Psikologi UI, menetapkan tema “Resiliensi Untuk Negeri” pada seluruh bentuk kegiatan Dies Natalis ke-61.

Resiliensi Untuk Negeri dipilih sebagai tema Dies Natalis kali ini dengan tujuan untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya resiliensi dalam situasi yang sulit ini,” kata Ketua Panitia Dies Natalis Ke-61 Fakultas Psikologi UI, Isdar Andre Marwan, S.Psi. pada keterangan pers, Sabtu (21/8).

Resiliensi sendiri, dijelaskan Isdar, adalah kemampuan seseorang untuk beradaptasi dan bangkit kembali setelah mengalami kejadian yang penuh dengan tekanan, tragedi dan trauma.

“Tema ini pun dinilai sejalan dengan tema Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI yaitu Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh,” jelas Isdar.

Adapun acara puncak Dies Natalis ke-61 yang diadakan pada Sabtu (21/8/2021) adalah acara Festival Resiliensi yang dihadiri hampir 1.000 orang peserta yang terdiri dari alumni, civitas akademika maupun para undangan.

Dengan mengusung tagline Jatuh, Yuk Bangkit Lagi!, Festival Resiliensi memberikan apresiasi pada Tokoh Resiliensi yang dipilih dari  80 kandidat yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Tak hanya itu, Festival Resiliensi juga adalah perayaan untuk kita semua yang telah resilien menghadapi pandemi ini.

Festival menyajikan keseruan para alumni Fakultas Psikologi UI, talkshow interaktif, dan kuis dengan hadiah menarik. Keseruan ini juga dilengkapi dengan hadirnya bintang tamu spesial Parodi Komedi by Chaplin - The Entertainer.

Lebih lanjut, Isdar mengatakan,“Semoga kegiatan ini dapat ditindaklanjuti oleh Fakultas Psikologi Universitas Indonesia untuk memberikan dampak yang lebih luas kepada para stakeholder anak bangsa di seluruh Indonesia melalui kerja sama dengan para alumninya”.

Sementara itu, Dekan Fakultas Psikologi UI, Dr. Tjut Rifameutia Umar Ali, M.A, mengatakan,”Tidak terbayangkan sebelumnya kegiatan Dies Natalis di masa pandemi ini dapat sedemikian meriah dan mendapat tanggapan serta dukungan yang luar biasa dari berbagai kalangan.”

“ Tema yang diajukan sesuai dengan semangat sebagai bangsa Indonesia yang Tangguh dan Tumbuh untuk bangkit dari pandemi ini. Kolaborasi antar panitia serta dukungan berbagai pihak menampilkan hasil kerja yang istimewa,” jelasnya.

“Terima kasih atas semua kerja keras dari panitia dan semua pihak yang telah membantu. Semoga kerja sama ini dapat terus dipupuk. Warga Fakultas Psikologi UI dapat terus bersinergi dengan para alumni menghasilkan karya-karya untuk  membantu meningkatkan daya dan kekuatan masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia,” paparnya. (RO/OL-09)

 

 

BERITA TERKAIT