19 August 2021, 14:07 WIB

Goodwill International Berikan Pelatihan bagi Mahasiswa UI dan IPB


Mediaindonesia.com | Humaniora

YAYASAN Goodwill International akan membuka masa orientasi Leadership Development Scholarship Program pada Sabtu (7/9). Sebanyak 66 mahasiswa dan mahasiswi dari kampus Universitas Indonesia dan Universitas Pertanian Bogor (IPB University) dari berbagai kota di Indonesia ditargetkan menjadi penerima manfaat.

Program multitahun itu tidak hanya memberikan bantuan keuangan untuk biaya hidup dan kebutuhan belajar di kampus, tetapi juga memberikan serangkaian pelatihan, pendampingan, serta menambah pengetahuan dan masukan bagi para peneriman beasiswa. Tujuan beasiswa itu antara lain meningkatkan prospek hidup mereka, memberdayakan diri untuk memaksimalkan potensi, mendapatkan pelatihan kepemimpinan terbaik, membekali para mahasiswa dengan nilai-nilai dan etika pribadi dan bisnis, serta membantu menemukan pekerjaan yang baik atau kegiatan yang bermanfaat setelah lulus. 

Dalam masa scholarship tersebut, mereka diberikan pelatihan bulanan berupa berbagai materi dari para profesional dan alumni Goodwill sesuai topik material. "Tidak hanya itu, mereka juga akan mendapatkan Leadership Training Program berupa 60 jam kelas per tahun dengan topik beragam," ujar Chairman Goodwill International, Nanang Siswanto, dalam keterangan resmi, Kamis (19/8). 

Topik-topik tersebut antara lain public speaking, CV writing, leadership style, business English, marketing, team building, serta mentoring dari beberapa alumni yang sudah berkecimpung di berbagai sektor dan keahlian. Sebelum pandemi, pelatihan biasa di lakukan di kampus UI Depok. Namun dengan kondisi sekarang pelatihan dilaksanakan dengan metode daring.

Yayasan Goodwill International mengklaim bahwa program yang dihadirkan sejak 1999 ini berbeda dari yang lain. Soalnya, program yang dilakukan yaitu menyelaraskan bakat untuk memperkecil gap antara lulusan universitas dengan kebutuhan pasar.

Yayasan amal ini membantu calon pemimpin masa depan yang memasuki tahun kedua studi mereka dari Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Pertanian Bogor (IPB). Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa yakni direkomendasikan oleh universitas, membutuhkan dukungan keuangan, berprestasi dalam akademi, punya kualitas dan berpotensi dalam kepemimpinan, serta aktif paruh waktu dalam pengabdian dan pekerjaan masyarakat.

"Kami ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Yayasan Goodwill International yang telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa kami sejak 1999. Beasiswa ini tentu memudahkan mahasiswa kami dalam meraih kesuksesan studi mereka dan meraih impian mereka. Kami sangat berharap Yayasan Goodwill International akan terus berkembang untuk memberikan lebih banyak bantuan kepada masyarakat Indonesia di bidang sosial dan pendidikan," ujar Alim Setiawan, Direktur Kemahasiswaan IPB University.

Baca juga: Ilmuwan: Hakikat Kemerdekaan Perkuat Daya Tangkal Ancaman Ideologi

Ditambahkan Alim, semua pihak sadar bahwa investasi di bidang pendidikan benar-benar bermanfaat untuk meningkatkan kualitas generasi sekarang menjadi lebih baik di masa depan. Sebagai universitas dengan mahasiswa dari berbagai latar belakang, IPB University berharap dapat mempertahankan kerja sama ini dengan Yayasan Goodwill International di tahun-tahun mendatang. "Kami yakin kerja sama tersebut akan bermanfaat bagi kedua belah pihak, terutama untuk kemajuan pendidikan di Indonesia," pungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT