17 August 2021, 13:10 WIB

Gotong Royong Jadi Kunci Wujudkan Indonesia Tangguh


Faustinus Nua | Humaniora

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Antonius Benny Susetyo menegaskan kunci untuk mewujudkan Indonesia tangguh adalah dengan kebersamaan, bersatu dan gotong royong. Terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 ini telah merubah segalanya dari sosial, ekonomi, politik, pola relasi, gaya hidup manusia, pola kerja dan lain sebagainya.

"Kuncinya kita bersama bersatu dalam satu kata bergotong royong dalam kebersamaan untuk mengatasinya, keyakinan ini Indonesia tangguh mampu mengatasi saat sulit," ucapnya dalam keterangan tertulis.

"Situasi ini mengubah pola relasi dan perjumpaan maka di butuhkan sebuah refleksi kebudaya membangung keutamaan hidup berbagi sebagai jalan kebudayaan," sambungnya.

Baca juga: Indonesia Harus Merdeka dari Energi Fosil

Meskipun demikian ia meyakini masyarakat Indonesia memilki kesadaran tinggi dalam hal membantu sesama untuk tujuan bersama. Kekuatan tersebut menjadi modal agar mampu melewati masa kritis ini.

"Kita yakini dengan jalan kebudayaan lama tertanam dalam roh bangsa ini kita mampu melewati masa sulit," ujarnya.

Dengan semangat Kemerdekaan Republik Indoneisa, ia berharap masyarakat memilki satu visi yang sama. Semua elemen bangsa harus bergandengan tangan dalam menghadapi situasi sulit saat ini.

Disamping itu, Romo Benny menekankan untuk tetap bersabar dan tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah. Memakai masker, menjagajarak dan mencuci tangan merupakan cara untuk bisa mengatasi pandemi.

"Sementara ini kita harus tetap berdampingan dengan Covid-19 sebelum ada obat patennya, namun kita harus tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan," tutupnya. (H-3)

BERITA TERKAIT