13 August 2021, 19:46 WIB

Stok Plasma Konvalesen Menipis, GP NasDem Ajak Penyintas Covid-19 Berdonor        


Cahya Mulyana |

INDONESIA masih berjuang mengatasi pandemi Covid-19, mulai dari pengobatan pasien terpapar hingga vaksinasi. Salah satu pengobatan yang dilakukan untuk pasien Covid-19 adalah dengan terapi plasma konvalesen.

Begitu besar manfaat dari plasma konvalesen ini bagi pasien Covid-19, diantaranya berperan menurunkan jumlah virus dalam tubuh hingga menjaga sel tetap utuh guna mencegah organ hati, ginjal, paru, dan jantung mengalami kerusakan.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Garda Pemuda (DPP GP) NasDem Prananda Surya Paloh, menginstruksikan kepada seluruh kader GP NasDem di Indonesia agar menggelar aksi donor darah dan donor plasma konvalesen.

Gerakan sosial GP NasDem yang kemudian bernama Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma) ini telah dimulai sejak 17 Juli 2021 lalu, dan dijadwalkan berlangsung hingga 18 Agustus 2021.

Menurut Prananda, kebutuhan plasma konvalesen di Indonesia sangat tinggi karena masyarakat yang terpapar dan meninggal akibat Covid-19 juga masih tinggi.

Anggota Komisi I DPR itu pun mengajak kader GP NasDem dan pemuda lainnya yang pernah terpapar Covid-19 dan sembuh, agar membantu menyelamatkan nyawa orang lain dengan mendonorkan darah maupun plasma konvalesennya.

“Kader Garda Pemuda NasDem khususnya harus menjadi garda terdepan dan menjadi ujung tombak partai dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat,” ujar Prananda dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/8).

Sejauh ini, PSP Berderma telah digelar sejumlah provinsi, seperti di Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Timur dan hari ini, Jumat (13/8) digelar di DKI Jakarta.

Kegiatan donor darah biasa dan plasma konvalesen oleh GP NasDem DKI ini digelar selama dua hari, 13-14 Agustus 2021, dan berlokasi Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Baca juga : Bantuan Obat dan Alkes dari AS Senilai Rp750 Miliar Tiba

Kegiatan yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) ini mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Walikota Jakarta Timur Muhammad Anwar. 

Saat meninjau lokasi donor GP NasDem DKI, Riza mengatakan plasma konvalesen sangat dibutuhkan bagi mereka yang sedang berjuang melawan Covid-19 untuk membantu meningkatkan antibodi mereka.

"Pertama saya beryukur dapat penghormatan bisa meninjau langsung donor darah dan donor plasma konvalesen yang diselenggerakan Garda Pemuda NasDem hari ini. Ini kegiatan luar biasa untuk pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat," kata Riza.

Dia pun mendorong masyarakat penyintas Covid-19 untuk bersedia menjadi pendonor plasma konvalesen di tengah suasana pandemi ini. "Saya ingin mendorong masyarakat agar bisa mendonorkan darah dan plasma konvalesen bagi masyarakat lainnya yang tengah membutuhkan sekali," ajak Riza.

Sementara itu, Ketua DPW GP NasDem DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh mengatakan kegiatan donor darah dan plasma konvalesen ini digelar sekaligus dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 76.

“Kami berharap kegiatan donor plasma konvalesen ini bisa membantu para pasien Covid-19, termasuk membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 yang masih melanda hingga saat ini," jelas Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta ini.

Mantan staf khusus Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup itu membeberkan dengan meningkatnya kasus positif Covid-19 secara otomatis akan meningkatkan jumlah permintaan plasma konvalesen di Jakarta dan wilayah lainnya.

Namun dari data yang ada, jumlah persediaan atau stok plasma konvalesen belakangan sangat terbatas. Hal inilah yang menggerakan GP NasDem untuk ikut berperan serta membantu pemerintah dan masyarakat yang membutuhkan plasma tersebut. 

“Kami berharap gerakan Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma ini dapat membantu memenuhi ketersediaan kebutuhan plasma konvalesen," pungkas Nova. (OL-7)

BERITA TERKAIT