10 August 2021, 22:55 WIB

GP NasDem Ajak Pemuda Donor Plasma Konvalesen


Cahya Mulyana |

Sekretaris Jenderal DPP Garda Pemuda (GP) NasDem, Mohammad Haerul Amri mengajak para pemuda mendonorkan plasma konvalesen. Setetes darah yang didonorkan bisa menyelamatkan nyawa orang lain.

“GP NasDem sudah memulai dengan program Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma). Saya berharap program ini sebagai awal yang baik dan bisa diikuti oleh pemuda lainnya baik secara individu maupun para OKP (Organisasi Kepemudaan),” harap Haerul Amri dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/8).

Menurut dia, kebutuhan plasma konvalesen di Indonesia sangat tinggi berbanding lurus dengan angka yang terpapar dan meninggal karena Covid-19. Data dari PMI Jakarta maupun PMI Pusat ketersediaan dengan kebutuhan plasma konvalesen tidak berimbang.

Karenanya, Ketua DPP Partai NasDem bidang Pemuda dan Olahraga ini mengajak sebisa mungkin para pemuda bisa membantu menyelamatkan nyawa orang lain dengan setetes darah.

“Sayangnya, gerakan donor plasma konvalesen ini masih minim sekali. Padahal, darah yang didonorkan akan sangat berarti bagi yang lain. Bahkan, setetes darah bisa menyelamatkan nyawa orang lain,” terang pria yang akrab disapa Aam ini.

Sudah banyak terbukti, pasien Covid-19 yang mendapatkan donor plasma konvalesen tingkat penyembuhannya sangat tinggi sekali. GP NasDem pun berinisiatif untuk membantu sesama dengan menelurkan progran donor plasma konvalesen.

Lebih jauh, Aam juga membeberkan saat ini banyak warga yang belum memahami pentingnya plasma konvalesen. Karenanya, selain donor plasma, GP NasDem juga mengedukasi masyarakat, khususnya penyintas Covid-19 agar bersedia mendonorkan darahnya untuk pasien Covid-19. Pasalnya, tidak semua penyintas bisa mendonorkan darahnya.

“Alhamdulillah, di beberapa daerah berjalan dengan baik dan respon warga juga sangat luar luar bisa. Yang tertarik mendonorkan bukan hanya orang dewasa tapi juga ada milenial dan mahasiswa,” ungkap Aam.

Data sementara yang didapatkan dari sejumlah daerah ada yang mendonorkan darah biasa sebanyak 83 orang, sedangkan jumlah pendonor plasma konvalesen mencapai 63 orang.

Namun, Aam yang juga menjabat wakil ketua umum PP GP Ansor ini mengakui ada beberapa permasalahan di beberapa provinsi yang belum memiliki donor plasma konvalesen. Sejauh ini, di Indonesia baru ada 40 titik. Yang banyak di Pulau Jawa, Banten. Bahkan, di Sulut baru ada 1 tempat yakni di Manado.

Seperti diberitakan, GP NasDem telah meluncurkan program Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma) dalam rangka membantu pemerintah menangani Covid-19.

Peluncuran dilakukan secara virtual oleh Ketua Umum GP NasDem, Prananda Surya Paloh, Sabtu (17/7). Peluncuran PSP Berderma itubmerupakan bagian dari rangkaian peringatan 10 tahun GP NasDem, sekaligus ulang tahun ke-70 Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Untuk merealisasikan program tersebut, DPP GP NasDem telah membentuk Satgas PSP Berderma dari mulai tingkat pusat hingga kabupaten/kota. Di tingkat pusat, ditunjuk Duwi Pratiwi yang merupakan Wasekjen DPP GP NasDem sebagai koordinator nasional. (OL-12)

 

BERITA TERKAIT