10 August 2021, 18:31 WIB

KPAI Percayakan BPOM soal Kesehatan Pangan


Abdillah M Marzuqi | Humaniora

KOMISI Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan tidak pernah melakukan mediasi masalah kesehatan anak terkait pangan sehat seperti kandungan Bisfenol A (BPA) dalam kemasan makanan, termasuk kemasan guna ulang. Mediasi terbanyak yang dilakukan KPAI adalah masalah pengasuhan dan pendidikan anak. Hal itu disampaikan Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti.

Menurutnya, soal kesehatan pangan itu sudah ada ranah yang menanganinya, yaitu Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Sehingga KPAI fokus pada persoalan pengasuhan dan pendidikan anak.

"Jadi kita konsennya cukup ke masalah pengasuhan dan pendidikan anak saja. Tidak melebar-lebar ke sana dan ke sini," ujarnya.

Menurutnya, KPAI adalah lembaga negara yang berbeda dengan lembaga lain yang juga bergerak dalam mediasi anak. Terkait dengan lembaga lain yang merambah masalah keamanan pangan, menurutnya, lembaga yang memediasi kepentingan anak seharusnya berfokus pada pendampingan dan pendidikan anak-anak.

"Tapi, sebagai lembaga yang juga ikut memediasi kepentingan anak-anak, seharusnya mereka juga harus konsen untuk hal-hal yang berkaitan dengan pendampingan dan pendidikan anak ya. Tapi, karena mereka LSM mereka mungkin menentukan visi sendiri," tandasnya. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT