09 August 2021, 11:12 WIB

Pelibatan Tokoh Agama Penting untuk Percepatan Target Vaksinasi Covid-19


 Sri Utami |

PEMERINTAH hendaknya memperkuat kolaborasidengan para pemuka agama dan pengurus rumah ibadah. Agar ke depan, rumah ibadah bisa menjadi sentra pengendalian covid-19 sehingga mempercepat keberhasilan program vaksinasi

“Pemuka agama dan pengurus rumah ibadah adalah pribadi-pribadi yang terhormat dan dipercaya umat. Karena itu, sudah semestinya mereka (pemuka agama) diajak dan digandeng dalam perang melawan Covid-19,” kata anggota Komisi IX DPR, Rahmad Handoyo, Senin(9/8).

Anggota Komisi IX DPR tersebut mengatakan fakta di lapangan, saat ini masih banyak masyarakat yang tidak mau mengikuti program vaksinasi karena berbagai alasan.

“Banyak sekali isu-isu menyesatkan seputar vaksin sehingga membuat sebagian masyarakat tidak mau divaksin. Nah, saya percaya, jika para pemuka-pemuka agama yang mengatakan bahwa vaksin sangat bermanfaat serta membantu umat terhindar dari sakit parah akibat Covid-19, maka masyarakat yang sebelumnya tidak bersedia divaksin akhirnya akan datang dengan sukarela,” kata Rahmad

Dengan pelibatan tokoh agama maka pemerintah juga didorong menyalurkan sebagian anggaran penanggulangan Covid-19 melalui rumah ibadah seperti masjid, gereja.

“Sejauh ini, kita hanya memiliki dua senjata dalam perang melawan Covid-19, yakni prokes ketat dan vaksinasi. Karena itu pemuka agama dan pengurus rumah ibadah harus digandeng untuk keberhasilan program vaksinasi secara nasional," tukasnya. (Sru/OL-09).

BERITA TERKAIT