06 August 2021, 10:46 WIB

Presiden Bersyukur Kondisi Kesehatan Masyarakat Semakin Membaik


Andhika Prasetyo | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo mengaku bersyukur karena kondisi kesehatan masyarakat di Jawa dan Bali yang semakin membaik.

"Kita patut bersyukur bahwa, pagi ini, angka-angka menunjukan pandemi di Jawa dan Bali mulai menurun," ujar Jokowi saat meninjau Rumah Sakit Modular Pertamina di Jakarta, Jumat (6/8).

Ia mengungkapkan tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) di rumah sakit terutama di DKI Jakarta sudah mengalami penurunan drastis.

Baca juga: Presiden Tinjau RS Modular Pertamina

"BOR saya liat setiap hari, setiap malam. Enam minggu lalu, BOR di Wisma Atlet itu 90%. Tapi, tadi pagi, saya dapat informasi kalau angka sudah 25%," ucap mantan wali kota Solo itu.

Kendati berbagai indikator sudah menunjukkan perbaikan, Jokowi meminta seluruh pihak tetap waspada. Pasalnya, perkembangan covid-19 dengan varian-varian barunya masih sangat dinamis.

Sebagai bentuk antisipasi, pemerintah, melalui Kementerian BUMN, bekerja sama dengan PT Pertamina, membangun Rumah Sakit Modular Pertamina yang ditujukan khusus untuk menangani pasien covid-19.

"Kita harus tetap waspada, hati-hati tetap bersiap-siap, berjaga-jaga. Jadi saya berterima kasih kepada Menteri BUMN dan Pertamina yang menyiapkan rumah sakit modular ini," ujar Jokowi di RS Modular Pertamina, Jakarta.

Rumah sakit milik perseroan itu memiliki kapasitas 305 tempat tidur termasuk ICU.

Fasilitas kesehatan tersebut juga memiliki tempat tidur khusus untuk pasien bayi dan balita sehingga perawatan bisa lebih maksimal.

"Saya sangat mengapresiasi dan semoga ini bisa bermanfaat bagi masyarakat," tandas Jokowi. (OL-1)

BERITA TERKAIT