05 August 2021, 00:09 WIB

Suplemen Kesehatan Makin Dicari, Kalbe Farma Dekatkan Akses Lewat Program H2 Heart


Ghani Nurcahyadi |

PANDEMI membawa dampak pada ekonomi seperti adanya pemutusan hubungan kerja dan menurunnya pendapatan UMKM selama pandemi. Laporan United Nations Development Programme (UNDP) dan Lembaga Penelitian Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia Januari 2021 menunjukkan ampir semua pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terpukul akibat penyebaran Covid-19

Fakta itu yang melatarbelakangi Kalbe melalui brand H2 Health and Happiness menginisiasi program H2 Heart sebagai inovasi yang bertujuan untuk mendukung pemberdayaan UMKM dan ekonomi masyarakat Indonesia serta penyediaan akses yang mudah bagi masyarakat untuk mengkonsumsi suplemen kesehatan.  

Head of Consumer Health PT Kalbe Farma Feni Herawati mengatakan, program itu juga bertujuan untuk memudahkan akses masyarakat dalam mendapatkan suplemen kesehatan, sehingga tetap dapat menjaga daya tahan tubuh terutama di masa pandemi ini. 

"Kami berharap program ini dapat ikut meningkatkan pemberdayaan UMKM, ekonomi dan kesehatan masyarakat Indonesia," katanya dalam keterangan tertulis. 

Program H2 Heart oleh H2 Health and Happiness ini memberikan kesempatan kepada siapapun untuk memulai usaha serta meningkatkan usahanya dengan menjadi pengecer atau reseller resmi yang langsung bekerjasama dengan Kalbe. 

Tidak hanya menjual produk H2 Health and Happiness, sebagai bentuk pemberdayaan UMKM, peserta H2 Heart juga akan mendapatkan pelatihan pengembangan usaha dan pendampingan langsung dari tim Kalbe. Inovasi ini sangat penting artinya terutama di masa PPKM, sehinggalah UMKM tetap bisa berdaya dari rumah dan konsumen juga dapat memperoleh suplai suplemen yang mereka butuhkan.

“Dengan membuka program reseller diharapkan bisa membantu kalangan masyarakat yang ingin memiliki usaha sendiri ataupun penghasilan tambahan tanpa modal, maupun pelaku usaha UMKM yang ingin mengembangkan usahanya. Momentum pandemi Covid-19 merupakan waktu yang paling tepat untuk berkolaborasi dan saling bahu-membahu mengatasi kesulitan," tegas Feni.

Program ini memiliki beragam kemudahan, antara lain siapapun dapat mendaftar secara gratis, produk terjamin asli, tidak harus memiliki toko, pengemasan dan pengiriman dilakukan oleh tim H2 secara gratis, serta pemberian konsultasi kesehatan dan harga spesial kepada peserta program.

Baca juga : Indonesia Terima Hibah 20.102 Vial Remdesivir dari Belanda

Calon peserta program ini dapat ikut bergabung dengan mudah melalui healthandhappinesskalbe.usetada.com kemudian mengisi data pribadi, setelah itu peserta program akan secara resmi menjadi reseller H2 Health and Happiness. 

Data Kalbe Farma menunjukkan adanya meningkatnya permintaan suplemen. Hal itu terlihat dari meningkatnya permintaan suplemen H2 Health and Happiness varian H2 Cordyceps Militaris, suplemen herbal dengan kandungan ekstrak jamur Cordyceps Militaris sebagai vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh seperti yang disampaikan oleh dr. Helmin Agustina Silalahi, 

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma Helmin Agustina mengatakan, situasi PPKM membuat masyarakat menjadi lebih concern terhadap upaya menjaga imun tubuh. 

"H2 Cordyceps Militaris, sebagai brand suplemen untuk kesehatan yang berasal dari alam dan mengandung ekstrak jamur Cordyceps Militaris dengan memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh," katanya. 

Ia menjelaskan, Jamur Cordyceps memiliki senyawa aktif, seperti Cordycepin dan Adenosin yang digunakan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, menjaga stamina tetap stabil dan meningkatkan kadar energi di dalam tubuh. 

Hal itu juga didukung oleh sebuah penelitian dari Chinese University of Hongkong yang menemukan Cordycepin dapat meningkatkan hidrasi sekaligus melancarkan pembersihan lendir pada permukaan saluran pernapasan sehingga dapat membantu mencegah berbagai penyakit pada saluran pernapasan, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis (menyebabkan pengidap sulit bernapas). 

"Ekstrak cordycepin pada jamur ini juga mengandung Polisakarida yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, membantu meningkatkan suplai oksigen ke sistem kardiopulmoner sekaligus menjaga daya tahan tubuh.” tambahnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT