04 August 2021, 22:51 WIB

Segera Rampung, RS Modular Tanjung Duren Siapkan 500 Tempat Tidur


Insi Nantika Jelita | Humaniora

DIREKTUR Utama Pertamedika IHC Fathema Djan Rachmat mengungkapkan, pembangun Rumah Sakit (RS) Modular Tanjung Duren, Jakarta Barat, sudah mendekati 100% penyelesaiannya. Rumah sakit tersebut mempunyai kapasitas sebanyak ratusa tempat tidur untuk pasien covid-19.

"Rumah sakit ini berkapasitas 500 tempat tidur, tapi di awal kapasitas yang ada saat ini sudah kami bangun lengkap sebanyak 300 tempat tidur," kata Fathema dalam keterangan pers Pertamina, Rabu (4/8). 

RS Modular ketiga yang dibangun Pertamedika IHC tersebut nantinya akan dioperasionalkan oleh RS Pelni, mengingat RS Pelni sebagai bagian Pertamedika IHC di wilayah Jakarta Barat.

"Ini akan dioperasikan oleh RS Pelni yang berjarak 10 menit dr RS Modular, sehingga nantinya alan didukung oleh dokter-dokter spesialis yang berada di RS Pelni," tutur Fathema.

Baca juga : Kemenkes Pastikan Stok Vaksin Dosis Ketiga Untuk Nakes Tercukupi

Selain itu, dia menambahkan, RS Modular Tanjung Duren ini memiliki fasilitas yang lengkap, seperti ruang CT Scan, kemudian ada laboratorium yang akan memeriksa, baik PCR maupun untuk tes laboratorium lengkap lainnya

"Ada ruangan operasi juga, terutama untuk ibu-ibu hamil yang di masa pandemi juga positif, sehingga ruangan tersebut untuk melahirkan seksi sesar bila dibutuhkan," tandas Fathema.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, pemerintah mengantisipasi kemungkinan yang terburuk soal lonjakan kasus covid-19 kedepannya akibat virus Varian Delta. Salah satunya dengan bekerja sama dengan berbagai pihak membangun rumah sakit darurat covid-19 dan rumah oksigen.

Dia menerangkan untuk saat ini ketersediaan tempat tidur di Jakarta sekitar 9.000 unit lebih.  Sedangkan, seluruh Jawa-Bali disiapkan hampir 50.000 tempat tidur diantaranya di Bandung, Semarang, Yogya, Solo Raya, Surabaya, Malang, Bali dan sebagainya. (OL-7)

BERITA TERKAIT