04 August 2021, 13:48 WIB

Kemdikbud Ristek Jamin Transparansi Pengadaan Laptop Pelajar


 M. Iqbal Al Machmudi |

KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) menjamin pengawasan transparansi dalam pengadaan laptop untuk pelajar.

Kepala Biro Perencanaan Kemendikbud Ristek, M Samsuri menegaskan segala bentuk kegiatan tersebut akan dilakukan secara transparan dan dimonitoring oleh lembaga pengawas keuangan seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Semua jenis kegiatan APBN dan APBD terbuka di awasi oleh lembaga pengawas keuangan. Termasuk secara internal oleh Inspektorat Jendral (Itjen) Kemendikbud Ristek," jelasnya saat dihubungi, Rabu (4/8).

Selain itu, lanjut Samsuri, untuk dana alokasi khusus (DAK) fisik nantinya akan diawasi oleh pengawas masing-masing kementerian dan instansi mulai dari pemerintah daerah (Pemda), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Itjen Kemendikbud Ristek.

"Kalau realisasi pengadaan DAK Fisik oleh Pemda masing-masing, Kemenkeu, Kemendagri, dan Kemdikbud Ristek," ucapnya.

Kemendikbud Ristek sendiri menganggarkan Rp2,4 triliun untuk pengadaan 240 ribu unit laptop yang akan dibagikan ke sekolah pada tahun ini.

"Di berikan ke sekolah tentu dalam kurun waktu 2021 ini karena program ini sejatinya merupakan bagian dari program digitalisasi sekolah," kata Samsuri.

Samsuri menyebutkan dalam pengadaan laptop tersebut dilakukan melalui e-katalog yang difasilitasi oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). (Iam/OL-09)

BERITA TERKAIT