04 August 2021, 09:14 WIB

Selama 3 Minggu Terakhir, Kasus Covid-19 di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi Meningkat


Kautsar Bobi | Humaniora

JURU bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan terdapat beberapa daerah di luar Jawa yang mengalami kenaikan kasus covid-19 dalam tiga minggu terakhir. Daerah tersebut yaitu Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Hampir semua provinsi di Pulau Sumatra masih menunjukkan kenaikan selama tiga minggu terakhir. Hanya Kepulauan Riau yang telah menunjukkan penurunan kasus," ujar Wiku dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (3/8).

Berdasarkan data Satgas Covid-19, kasus positif di Provinsi Kepulaun Riau, pada 18 Juli, mencapai 4.827. Kemudian, pada 1 Agustus, turun menjadi 3.737 kasus.

Baca juga: BPKN Sebut Masyarakat Masih Lakukan Pelanggaran Selama PPKM Level 4

Kondisi di Pulau Kalimantan tidak jauh berbeda. Hampir seluruh provinsi mengalami kenaikan dalam tiga minggu terakhir, kecuali Kalimantan Barat. Tercatat kasus positif di Kalimantan Barat, pada 18 Juli, mencapai  3.799 dan menurun pada 25 Juli menjadi 2.267 kasus.

Kemudian, sebagian besar provinsi di Pulau Sulawesi juga menunjukkan kenaikan selama tiga minggu terakhir. Hanya, Sulawesi Tenggara dan Gorontalo yang sempat mengalami penurunan.

Kasus positif di Sulawesi Tenggara, pada 25 Juli, mencapai 1.438 dan turun pada 1 Agustus menjadi 1.245 kasus. Sedangkan, kasus positif di Gorontalo pada 18 Juli mencapai 601 dan turun pada 25 Juli menjadi 418 kasus.

"Dengan masih naiknya kasus selama kurang lebih tiga minggu terakhir maka perlu antisipasi dan kesiapan dari seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di daerahnya masing-masing," jelas Wiku. (OL-1)

BERITA TERKAIT