03 August 2021, 11:35 WIB

Legalroom Hadirkan Informasi Seputar Hukum


Budi Ernanto | Humaniora

GUNA menghadirkan informasi terkait hukum, sebuah platform bernama Legalroom muncul di dunia maya. Plaftorm itu menjadi wadah belajar secara daring, forum, dan jejaring sosial bagi mahasiswa dan sarjana, serta peminat pendidikan secara umum, khususnya di bidang hukum.

Legalroom dikembangkan tiga sarjana hukum, yakni Gloria Immanuella, Pujiastri Agustiene, dan Indira Fatia Hanum. Gloria merupakan lulusan Universitas Padjadjaran di bidang teknologi informasi komunikasi (IT) dan kekayaan intelektual (IPR).

Lalu, Pujiastri dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta yang berfokus di bidang bisnis dan Indira yang menempuh jurusan hukum di Universitas Padjajaran. Ketiganya dibantu oleh tim pokok dari bidang IT, komunikasi dan pemasaran, serta pengembangan konten.

Menurut mereka bertiga, kemunculan Legalroom berangkat dari permasalahan yang dihadapi mereka saat menempuh studi sarjana hukum. Kala itu tidak banyak platform khusus dan kursus-kursus hukum yang aksesibel secara online. Masing-masing dosen memiliki preferensinya tersendiri untuk menggunakan metode elektronik, seperti aplikasi pesan singkat, surat elektronik, flashdisk, hingga kelas daring secara terpisah.

"Legalroom hadir untuk menjunjung tinggi nilai pendidikan khususnya dalam bidang hukum dan studi hukum melalui pembelajaran digital dan media sosial berbasis web di mana lebih dari 60% adalah kontributor perempuan, baik yang masih melanjutkan pendidikan tinggi di universitas atau yang telah menyelesaikan studi sarjana mereka," kata Gloria.

"Tim Legalroom menjunjung tinggi nilai pendidikan dan pemberdayaan, salah satunya dengan membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi setiap individu yang tertarik untuk memajukan kesadaran akan pembelajaran digital, khususnya di bidang teknologi dan hukum," sambung Gloria yang saat ini sedang menempuh karir sebagai Sr Legal Associate.

Baca juga: Pendidikan Kewirausahaan Tingkatkan Rasio Wirausaha Indonesia

Untuk menemukan berbagai informasi tentang hukum, peraturan bisnis umum, dan studi hukum, Legalroom memiliki layanan yang memungkinkan anggotanya untuk mengetahui informasi tersebut dengan mengikuti kursus online dan didukung oleh artikel yang diterbitkan oleh Legalroom,  serta fitur tanya jawab melalui forum, dan e-book yang dapat diakses melalui tautan legalroom.co.id.

Legalroom saat ini aktif mengikuti kompetisi dan program akselerasi usaha dan yang sedang dijalani ialah SheHacks Indosat Oooredoo 2021. Sekarang Legalroom sudah berhasil lolos untuk mendapatkan program mentoring, coaching, dan berkesempatan untuk pengembangan platform.

Selain itu, Legalroom kerap menyelenggarakan acara-acara yang menghadirkan para ahli maupun pakar dalam bidang pendidikan dan pengembangan diri. Itu dilakukan untuk membahas pengetahuan dan keterampilan di bidang kelanjutan studi, pengembangan diri, kewirausahaan, serta kesadaran hukum. Program dalam acara Legalroom antara lain seperti Kongsi (Kongkow Berisi) dan Mediasi (Media Inspirasi).

Legalroom juga memberikan informasi terkait beasiswa-beasiswa luar negeri yang dapat diikuti oleh generasi muda.

Selain website, Legalroom mempunyai media sosial lain sebagai tempat untuk menyebarkan informasi, seperti di Instagram, LinkedIn, dan YouTube. Media sosial milik Legalroom memberikan informasi penting dan tips-tips yang diharapkan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat umum maupun para peminat hukum.

Dalam Agustus nanti, Legalroom akan mengadakan beberapa ajang menarik. Untuk mengetahui berbagai informasi lebih lanjut, kabar dari Legalroom bisa dijumpai di Instagram dan LinkedIn. (R-3)

BERITA TERKAIT