28 July 2021, 18:15 WIB

Sinergi Orangtua dan Sekolah Perlu untuk Atasi Kesulitan saat Pandemi


Mediaindonesia.com | Humaniora

MESKI saat ini kondisi masih dilanda pandemi, usaha dan kerja bersama antara orangtua dan sekolah harus terus disinergikan agar kesulitan yang timbul dalam program sekolah dapat teratasi dengan baik. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) untuk semua jenjang, mulai dari TK, SD, hingga SMP. 

Hal itu dilakukan oleh Sekolah Prestasi Global (PresGo). Menurut Direktur Sekolah Prestasi Global Ahmad Faisal, kegiatan tersebut dinamakan SAMS (Stimulus Awal Masuk Sekolah) untuk siswa TK, PresGo School Introduction Day untuk SD, dan Harapan PresGo (Hari Awal pengenalan Prestasi Global) untuk SMP. 

"Apapun itu istilahnya, semua bertujuan mengenalkan lingkungan sekolah beserta seluruh jajaran guru dan program setiap sekolah kepada semua siswa-siswi baru," jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (27/7). Ini dilaksanakan dengan berbagai macam kegiatan. 

Ada yang membuat cerita sesuai tema sekolah seperti yang dilakukan oleh guru TK. Ada yang membuat dengan dongeng senang bersekolah yang dibuat oleh guru SD. Ada pula yang dilaksanakan dengan cara seminar motivasi dan training siswa oleh guru SMP serta diselingi dengan banyak hal lain yang membuat siswa siswi sangat senang dan terkesan. 

"Pada intinya kegiatan ini sebagai upaya membuat siswa-siswi tetap senang bersekolah meski di awal masuk sekolah sudah dengan sistem daring. Namun demikian acara ini berlangsung sangat baik dan membuat seluruh siswa bangga dan suka cita," terang dia. 

Baca juga: Dosen Harus Bisa Respons Permasalahan Dunia Kerja dan Industri

Faisal menyebut selesai kegiatan ini dilanjutkan dengan PTM (Parent Teacher Meeting) secara daring diikuti oleh semua guru siswa baru, orangtua, dan kepala sekolah. Kegiatan ini berisi sosialisasi program sekolah serta penjabaran kegiatan tahunan siswa yang akan dilaksanakan setahun kedepannya. "Tujuannya, sekolah dan orangtua dapat bersinergi serta saling bahu membahu saling membantu agar tercapai semua program dan kegiatan tahunan siswa dengan baik," katanya. (OL-14)

BERITA TERKAIT