28 July 2021, 01:05 WIB

Jangan Panik, Ini Cara Menyiasati Anak yang Susah Makan


Putri Rosmalia Octaviyani | Humaniora

MEMILIKI anak sehat dengan nafsu makan baik tentu jadi impian semua orang tua. Sayangnya, tak semua anak memiliki nafsu makan yang baik.

Tak jarang anak menolak untuk makan dan memilih-milih makanan. Padahal makanan sehat dan tepat waktu sangat penting bagi tumbuh kembang mereka.

Untuk menyiasatinya, orang tua bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Porsi kecil

Cobalah untuk membagi porsi makan anak menjadi lebih kecil dengan frekuensi makan yang lebih sering. Dengan begitu anak tak akan merasa stres dan terbebani karena dipaksa makan ketika mereka tidak terlalu nafsu untuk mengunyah dan menelan makanan.

2. Variasi bentuk

Pada anak yang sudah lebih besar, cobalah membuat variasi bentuk makanan yang lebih menarik. Misalnya bentuk boneka atau hewan dari nasi dan lauk pauk. Dengan begitu diharapkan anak jadi lebih tertarik untuk mencoba makanan yang disajikan.

3. Variasi rasa

Bosan akan menu yang itu-itu saja bisa jadi salah satu penyebab anak jadi enggan makan dengan lahap. Jangan ragu berikan anak-anak berbagai menu baru. Namun, tetap perhatikan kadar gizinya dengan baik dan hindari terlalu sering memberikan makanan cepat saji.

4. Kurangi minum

Terlalu banyak memberi minum di tengah sesi makan akan membuat anak lebih cepat kenyang. Selain itu, minum ketika sedang mengunyah akan membuat anak tak bisa menikmati rasa dan tekstur yang ada di makanan.

5. Buat suasana nyaman

Hadirkan suasana makan yang nyaman dan disukai anak. Jangan membuat waktu makan menjadi menyeramkan karena Anda telalu keras dan kerap memaksa mereka makan. (OL-13)

Baca Juga: Unhas Siapkan Makanan Siap Saji bagi 1.700 Nakes

BERITA TERKAIT