23 July 2021, 15:16 WIB

Dukung Cegah Covid-19, BPJAMSOSTEK Salurkan APD Masker untuk Pekerja


mediaindonesia.com | Humaniora

DALAM beberapa pekan terakhir, terjadi lonjakan kasus Covid-19. Untuk menekan jumlah kasus Covid-19 dan kematian akibat Covid-19, pemerintah melaksanakan Pemberlakukan Pembatasan Ketigian Masyarakat (PPKM).

Selain itu, pemerntah dengan semua pihak untuk terus menjaga penerapan protokol kesehatan dengan penggunaan masker, physical distancing, cuci tangan, dan hindari kerumunan.   

Seiring dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda, Kantor BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Jakarta Menara Jamsostek menyalurkan bantuan promotif dan preventif ke perusahaan yang menjadi peserta program BPJAMSOSTEK.

Sebagai upaya melindungi dan pencegahan penyebaran Covid-19, aksi promotif preventif kali ini dalam bentuk bantuan alat pelindung diri (APD) masker kepada perusahaan peserta.

Aksi nyata tersebut dilakukan Kantor BPJAMSOSTEK Jakarta Menara Jamsostek dengan membagikan sebanyak 8.750 buah APD Masker ke tenaga kerja melalui puluhan perusahaan peserta pada Jumat (22/7).

Dalam sambutannya, Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Menara Jamsostek, Mohamad Irfan, mengatakan,“Kegiatan promotif dan preventif ini dilaksanakan dalam upaya melindungi serta bentuk kepedulian kepada para pekerja,"

"BPJAMSOSTEK menggelar kegiatan promotif dan preventif dengan menjalin kerja sama dengan pemberi kerja atau perusahaan,” ujar Irfan.

Irfan menjelaskan, kegiatan promotif preventif merupakan agenda rutin BPJAMSOSTEK setiap tahunnya. Bentuk kegiatan disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Ia menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program manfaat layanan tambahan bagi peserta BPJAMSOSTEK, juga sebagai wujud perhatian, kepedulian serta dukungan dari BPJAMSOSTEK kepada masyarakat terutama para pekerja yang terdaftar dalam program BPJAMSOSTEK.

"Diharapkan peserta agar selalu menjaga kesehatan terutama saat bekerja, dan selalu mengingat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan karena tanpa disadari hal-hal kecil yang kita lakukan seperti 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas) dapat mengurangi resiko terpapar Covid-19," ungkapnya.

Sementara itu Manajer HRD Kopojeka Daya Indonesia, Yopy Zein salah satu perusahaan peserta mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Menara Jamsostek.

"Terima kasih kami sampaikan kepada BPJAMSOSTEK Jakarta Menara Jamsostek karena telah memberikan perhatian dan kepeduliannya terutama kepada karyawan kami dengan memberikan APD Masker," ucapnya.

Irfan menginformasikan bahwa selama masa PPKM di Wilayah DKI Jakarta, masyarakat tetap dapat mengajukan klaim aminan hari tua (JHT) secara digital melalui website lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Selain itu, BPJAMSOSTEKdapat menerima layanan informasi dengan menghubungi Call Center 175 terkait program BPJAMSOSTEK dan prosedur Lapak Asik.

Irfan menjelaskan, layanan tanpa kontak fisik atau yang biasa disebut Lapak Asik merupakan inovasi BPJAMSOSTEK untuk menyesuaikan kondisi pandemi saat ini dan sebagai wujud dukungan atas kebijakan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT