22 July 2021, 23:39 WIB

Luhut Minta Daerah Percepat Penyaluran Bansos


Insi Nantika Jelita | Humaniora

MENKO Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta Kementerian Sosial dan kepala daerah untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) di kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan saat rapat koordinasi virtual dengan gubernur se-Jawa dan Bali serta para menteri terkait, Kamis (22/7).

"Jika kita bisa menyalurkan (bansos) dengan cepat, maka masyarakat mau untuk tinggal di rumah. Selain itu penyaluran perlu dipercepat terutama di daerah-daerah aglomerasi, karena mereka yang terkena dampak paling besar dari PPKM," kata Luhut dalam keterangan resmi.

 

Pemerintah melalui PT Pos Indonesia dan jaringan bank dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk penyaluran bantuan sosial tunai dan bantuan beras dari Bulog.

 

Menko Marves juga menekankan pentingnya bansos bagi masyarakat yang terjangkit covid-19 dan sedang menjalani karantina.

 

"Oleh karena itu, bansos ini berperan penting karena nanti yang mungkin positif dan masuk karantina itu (membutuhkan). Bagaimanapun harus kita bantu dengan bansos ini, jangan sampai kepala keluarga ini dipisahkan dari keluarganya dan tidak menerima bantuan," pintanya.

 

Luhut mengatakan, jaringan Bank Himbara dan PT Pos Indonesia menyampaikan sudah menyalurkan bansos kepada masyarakat. Disamping itu, mereka juga menyampaikan bahwa untuk penyaluran bantuan sosial tunai (BST) dan sembako kepada para keluarga penerima manfaat (KPM).

Staf Khusus Menteri Sosial Don Rosano menyebutkan, pihaknya telah memberikan data 10 juta penerima Bantuan Sosial Tunai kepada PT Pos.

"Nanti PT Pos tinggal mengirimkan kepada penerima setelah menerima tambahan anggaran termin kedua dari Kemenkeu," tandasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT