22 July 2021, 13:10 WIB

Pandemi Covid Berpengaruh pada Keharmonisan Keluarga


M Iqbal Al Machmudi | Humaniora

BADAN Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyebutkan pandemi covid-19 berpengaruh pada keharmonisan sebuah keluarga.

Perubahan pola kegiatan dan kebiasaan ditambah dengan berbagai masalah membuat keluarga rentan mengalami stres. Survei yang dilakukan BKKBN mencatat dari 20.400 pasangan 2,5% mengalami stres dan terjadi cekcok antara suami dan istri.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan permasalahan tersebut momentum bahwa pandemi ini mengingatkan kepada para petugas untuk lebih bekerja lebih baik lagi dalam mengawasi keluarga Bina Keluarga balita, Bina Keluarga remaja dan Bina Keluarga lansia.

"Pemerintah harus memiliki strategi-strategi baru di dalam masa pandemi dengan ekosistem yang berbeda tentu kebijakan yang berbeda terkait dengan masalah kependudukan utamanya dalam rangka untuk menguatkan ketahanan keluarga dalam rangka untuk menguatkan kualitas kesehatan reproduksi," kata Hasto dalam webinar Pemenuhan Hak dan Kesehatan Reproduksi untuk Percepatan Penurunan Stunting, Kamis (22/7).

Baca juga: BKKBN Siapkan 400 Ribu Bidan untuk Vaksinasi Covid-19 Anak

Efek dari pandemi tidak bisa diabaikan sehingga memunculkan berbagai macam hal. Ketika ada pandemi mempengaruhi sistem makro tentunya sangat berdampak pada lingkungan kecil dalam hal ini keluarga.

"Sebagai unit terkecil dalam masyarakat, keluarga sangat terpengaruh pada ekosistem besar karena adanya pandemi," ujarnya.

Kegiatan belajar daring, kontraksi ekonomi, dan faktor kesehatan juga sangat berpengaruh karena layanan yang tidak bisa optimal. Selain itu adanya rasa cemas dan ketakutan dalam mengakses layanan kesehatan juga jadi ancaman masyarakat.

"Masalah ekonomi seperti hilangnya pekerjaan juga bisa menjadi berdampak penurunan daya beli dan asupan gizi yang dibutuhkan," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT