22 July 2021, 07:29 WIB

Wapres Minta Jatim Percepat Perbaikan Data Penerima Bansos


Indriyani Astuti | Humaniora

WAKIL Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mendorong agar proses perbaikan data penerima bantuan sosial (bansos) dilakukan lebih cepat, sehingga proses bantuan itu bisa langsung disalurkan ke masyarakat atau penerima manfaat. Adapun salah satu provinsi yang didorong percepatan pencairan bansos yakni Jawa Timur.

“Diperlukan dukungan pemerintah Jawa Timur untuk melakukan percepatan melalui perbaikan data para penerima manfaat,” ujar Wapres saat memberikan pengarahan kepada Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur secara virtual, Rabu (21/7) malam.

Wapres menuturkan semua pihak telah bekerja keras dan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Namun ia mengingatkan pandemi covid-19 membutuhkan kerja ekstra, kerja keras dan kerja sama antara pusat dan pemerintah daerah.

“Saya ingin mendorong dan memfasilitasi agar koordinasi antarpemerintah pusat dan daerah dapat terlaksana lebih baik lagi,” ungkap Wapres.

Baca juga:  Kapolri Pastikan Penyaluran Bansos Covid-19 Tepat Sasaran

Melalui koordinasi, menurut Wapres, hambatan dapat lebih cepat dicarikan solusinya. Pada kesempatan itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memaparkan perkembangan bantuan sosial kepada masyarakat. Penyaluran dana desa, ujar Khofifah, tersalurkan lebih dari 50% dan akan terus ditingkatkan lagi penyerapannya

“Dihitung dari 30 kabupaten/kota, maka total penyaluran 50,46%. Jadi, kondisinya sudah lebih dari 50% untuk penyaluran dana desa,” papar Khofifah.

Turut hadir secara virtual Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito, serta para anggota Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Timur.(OL-5)

BERITA TERKAIT