20 July 2021, 13:56 WIB

Bagikan 1.000 Hewan Kurban, Sandi Ajak Warga Bersatu saat Pandem


Kisar Rajagukguk | Humaniora

HARI raya Idul Adha 1442 H dirayakan Sandiaga Uno dengan cara berbagai 1.000 hewan kurban kepada masyakat Indonesia yang membutuhkan. Berlangsung di Depok, Jawa Barat, Selasa (20/7/2021) pagi.

Hewan kurban tersebut berupa kambing, kerbau, dan sapi yang memiliki kualitas terbaik. Seluruh hewan yang akan dikurbankan juga memiliki surat keterangan sehat dan bebas dari penyakit.

Sandi menyebut program 1000 hewan kurban ini dilakukan serentak secara hybrid dengan protokol kesehatan ketat di 114 lokasi Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Youtuber terkenal Atta Halilintar pun turut mendampingi Sandiaga Uno.

"Menerapkan protokol kesehatan yang disiplin, kita menggelar teladan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS penuh dengan ketabahan dan kesabaran," kata Sandiaga, di lokasi.

Sandi mengatakan, kegiatan ini juga sebagai upaya mendorong semangat persatuan umat menghadapi pandemi Covid-19.

Dalam hal ini, Sandiaga Uno bersinergi dengan Tokoh Agama, Ormas Islam, Pondok Pesantren, Lembaga Pendidikan serta 18 Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) Islam.  "Seribu hewan kurban ini disebarkan ke 17 provinsi di Indonesia," kata Sandiaga.

Di antaranya Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Kalimantan Selatan, Sulawesi utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi tenggara, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sumatera Utara, Riau, NTT, dan  NTB.

Mantan Wagub DKI ini menjelaskan, Idul Adha kali ini merupakan hari raya yang sangat spesial karena dirayakan di tengah tantangan Indonesia melawan virus.

"Kita doakan keluarga, sahabat, dan tetangga kita yang telah mendahului karena covid, bagi Warga ISOMAN yakinlah dibalik kesulitan akan ada kemudahan," ujar Sandiaga .

"Karena itu, mari kita gunakan kesempatan idul kurban ini untuk berbagi dengan saudara yang terdampak pandemik ini," lanjut Sandiaga.

Sandiaga Uno menegaskan, momentum Idul Adha 1442 H diharapkan mampu memperkokoh pilar persatuan umat, menyiapkan pilar kebangkitan ekonomi umat, serta meneguhkan semangat keadilan sosial.

Selain Atta Halilintar, pada acara pembagian 1000 hewan kurban ini pun turut dihadiri Anggota DPR RI Komisi XI Kamrussamad serta sejumlah Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda.

"Ini kegiatan yang baik untik berlomba-lomba berbagai. Semoga berkah untuk banyak orang," kata Atta Halilintar.

"InsyaAllah beberapa hari ke depan tidak bakal kelaparan. Menurutku itu sudah menjadi hal yang luar biasa. Semoga pak Sandi mendapat berkah dan dapat menginspirasi anak muda untuk peduli sesama," lanjut Atta.

Dalam kesempatan tersebut, Staf Khusus PP Muhammadiyah Yogyakarta Bachtiar Dwi Kurniawan juga turut hadir melalui virtual.

"Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk penyaluran hewan kurban kepada kami," kata Bachtiar.

"Bantuan dari Bapak Sandiaga uno ini kepada relawan di PP Muhammadiyah yang berjuang melawan covid, perawat jenazah, dan pengubur jenazah yang kena Covid-19," sambung Bachtiar.

Kemudian, keluarga pondok pesantren persaudaran Islam Kiyai Haji Ilyas Siraj mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno yang telah mengirimkan sapi.

"Ini akan kami salurkan ke masyarakat yang membutuhkan," kata Ilyas Siraj, pada kesempatan yang sama.

Sementara itu, Imam Musholla Ar-Raudhah Sekumpul Martapura, KH Sa’duddin Salman menerima hewan kurban jenis sapi limosin  dan diserahkan oleh Darmawan Jaya Setiawan yang mewakili keluarga besar Sandiaga Uno.

Tak hanya itu, Sandiaga Uno juga membagikan 100 sembako untuk warga terdampak pandemi Covid-19, di kawasan Depok, Jawa Barat, Selasa (20/7).

Pembagian ratusan sembako ini juga bertepatan dengan lebaran Iduladha 1442 H yang jatuh pada hari ini.  Sandiaga membagikan sembako secara langsung dengan mendatangi rumah warga secara door to door.  Khususnya warga yang sangat terdampak pandemi Covid-19 seperti para penjual barang bekas dan pedagang kaki lima.

"Terima kasih bapak Sandiaga Uno, semoga menjadi berkah karena sudah menolong kami di masa sulit seperti pandemi Covid-19 ini," kata salah satu warga Depok penerima sembako. (OL-13)

BERITA TERKAIT