20 July 2021, 00:40 WIB

Lebih Utama Kurban Kambing atau Sapi?


Mediaindonesia.com | Humaniora

MULAI Selasa (20/7) sampai dengan Jumat (23/7), umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah kurban. Beragam hewan yang akan dikurbankan mulai dari kambing, domba, sapi, kerbau, hingga unta. Lalu di antara hewan kurban itu manakah yang paling utama?

Dalam Kitab Al Majmu' Syarah Al Muhadzab halaman 371 Juz 8, Imam Nawawi memaparkan sejumlah pandangan ulama tentang keutamaan hewan kurban. "Ada urutan keutamaan hewan kurban menurut Imam Nawawi," ujar ustaz Abdurrachman Asy Syafi'iy.

مَذْهَبُنَا أَنَّ ﺃَﻓْﻀَﻞَ اﻟﺘَّﻀْﺤِﻴَّﺔِ بِاﻟْﺒَﺪْﻧَﺔِ ﺛُﻢَّ اﻟْﺒَﻘَﺮَﺓِ ﺛُﻢَّ اﻟﻀَّﺄْﻥِ ﺛُﻢَّ اﻟﻤَﻌْﺰِ ﻭَﺑِﻪِ ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮْ ﺣَﻨِﻴْﻔَﺔَ ﻭَﺃَﺣْﻤَﺪُ ﻭَﺩَاﻭُﺩٌ

Madzhab kami (mazhab Imam Syafii) berpendapat bahwa paling utama berkurban dengan unta, kemudian sapi, kemudian domba, kemudian kambing. Dan Imam Abu Hanifah, dan Imam Ahmad, dan Imam Daud telah berkata dengan pendapat demikian.

 ﻭَﻗَﺎﻝَ ﻣَﺎﻟِﻚٌ ﺃَﻓْﻀَﻠُﻬَﺎ اﻟْﻐَﻨَﻢُ ﺛُﻢَّ اﻟْﺒَﻘَﺮُ ﺛُﻢَّ الْإِﺑِﻞُ ﻗَﺎﻝَ ﻭَاﻟﻀَّﺄْﻥُ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦَ اﻟْﻤَﻌْﺰِ ﻭَﺇِﻧَﺎﺛُﻬَﺎ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦْ ﻓُﺤُﻮْﻝِ اﻟْﻤَﻌْﺰِ ﻭَﻓُﺤُﻮْﻝُ اﻟﻀَّﺄْﻥِ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺇِﻧَﺎﺙِ اﻟْﻤَﻌْﺰِ ﻭَﺇِﻧَﺎﺙُ اﻟْﻤَﻌْﺰِ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦَ الْإِﺑِﻞِ ﻭَاﻟْﺒَﻘَﺮِ

Sedangkan Imam Malik berkata yang paling utama ialah kambing, kemudian sapi, kemudian unta. Beliau berkata domba lebih utama dari kambing jawa. Domba betina lebih utama dari kambing jantan. Domba jantan lebih baik dari kambing betina dan kambing betina lebih baik dari unta dan sapi.

Selanjutnya Abdurrachman Asy Syafi'iy menjelaskan bahwa Imam Nawawi dalam kitab yang sama pada halaman 368 Juz 8 menerangkan kurban sapi patungan tujuh orang dengan satu domba dari satu orang. Berikut penjelasannya.

اﻟﺘَّﻀْﺤِﻴَّﺔُ ﺑِﺸَﺎﺓٍ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦَ اﻟﻤُﺸَﺎﺭَﻛَﺔِ ﺑِﺴَﺒْﻊٍ ﺑَﺪْﻧَﺔً ﺃَﻭْ ﺑِﺴَﺒْﻊٍ ﺑَﻘَﺮَﺓً ﺑِﺎلاِﺗِّﻔَﺎﻕِ ﻟِﻤَﺎ ﺫَﻛَﺮَﻩُ اﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ

Kurban dengan satu domba lebih utama dari pada patungan tujuh orang dengan satu unta atau patungan tujuh orang dengan satu sapi, dengan kesepakatan para ulama, sebagaimana yang dikatakan mushonnif (Imam Syairoziy).

ﻭَﺳَﺒْﻊٌ ﻣِﻦَ اﻟْﻐَﻨَﻢِ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦْ ﺑَﺪْﻧَﺔٍ ﺃَﻭْ ﺑَﻘَﺮَﺓٍ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﺻَﺢِّ اﻟْﻮَﺟْﻬَﻴْﻦِ ﻟِﻜَﺜْﺮَﺓِ ﺇِﺭَاﻗَﺔِ اﻟﺪَّﻡِّ

Dan tujuh kambing lebih utama dari pada satu unta atau satu sapi menurut pendapat yang paling sahih dari dua pendpat, karena banyaknya menumpahkan darah kurban.

(ﻭَاﻟﺜَّﺎﻧِﻲ) ﺃَﻥَّ اﻟْﺒَﺪْﻧَﺔَ ﺃَﻭِ اﻟْﺒَﻘَﺮَﺓَ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻟِﻜَﺜْﺮَﺓِ اﻟﻠَّﺤْﻢِ

Pendapat kedua mengatakan unta atau sapi lebih utama karena banyaknya daging.

Baca juga: Perbedaan Pendapat Ulama tentang Hukum Berkurban

 

Jadi pilih yang mana? Salah satu pendapat ulama itu tentu boleh diambil. Yang penting kita ikhlas dalam berkurban. (OL-14)

BERITA TERKAIT