19 July 2021, 22:12 WIB

Jokowi Serahkan Sapi Kurban 1,1 Ton ke Masjid Istiqlal


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo menyerahkan hewan kurban untuk disembelih pada Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah ke Masjid Istiqlal, Jakarta. Penyerahan hewan kurban secara simbolis dilakukan Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Sony Kartiko kepada Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal KH Asep Syaifuddin, Senin (19/7).

Hewan kurban Presiden yang diserahkan di Masjid Istiqlal yaitu sapi berjenis limosin cross dengan bobot 1.199 kilogram atau sekitar 1,1 ton. Sapi limosin cross itu berasal dari Pancoran, Jakarta.

Presiden tak hanya menyerahkan hewan kurban ke Masjid Istiqlal. Kepala Negara juga menyerahkan hewan kurban ke setiap provinsi. Totalnya ada 35 sapi kurban yang diserahkan.

"Total sapi yang dipersiapkan ada 35 ekor, setiap provinsi (mendapat) satu ekor dan ada satu ekor untuk Masjid Istiqlal," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Baca juga : Presiden: Jadikan Iduladha Momentum Berkorban Hadapi Covid-19

Heru mengatakan semua sapi kurban Presiden telah diperiksa dokter hewan dan mendapatkan sertifikat kesehatan yang menyatakan sapi tersebut sehat dan tidak menunjukkan adanya penyakit hewan menular strategis (PHMS). 

Sekretariat Presiden bekerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk menyediakan sapi-sapi tersebut dan di bawah kontrol dokter hewan setempat.

"Semua telah disterilisasi oleh Dinas Peternakan daerah," imbuh Heru. 

Heru menambahkan Presiden Jokowi pada Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah esok, Selasa (20/7), diagendakan untuk melaksanakan salat di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. (OL-7)

BERITA TERKAIT