19 July 2021, 11:02 WIB

Pasien Covid-19 Membludak, Ketua DPR Minta Pemerintah Perbanyak RS


Candra Yuri Nuralam | Humaniora

KETUA DPR Puan Maharani meminta pemerintah memutar otak untuk mengadakan rumah sakit untuk pasien covid-19. Pemerintah diminta mulai menyiapkan rumah sakit sebelum penuh.

"Perbanyak rumah sakit darurat bila rumah sakit yang ada tidak lagi mampu menampung," kata Puan melalui keterangan tertulis, Senin (19/7).

Puan tidak ingin ada pasien covid-19 yang tidak mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit. Sementara itu, bagi pasien covid-19 yang bisa menjalani isolasi mandiri diminta dipastikan mendapatkan obat.

Baca juga: Pemerintah Diminta Jamin Kebutuhan Rakyat Jika PPKM Diperpanjang

"Pastikan obat-obatan dan oksigen tersedia, termasuk untuk yang menjalani isolasi mandiri," ujar Puan.

Puan juga meminta pemerintah membenahi sistem berobat untuk pasien covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. Dia ingin pasien yang isolasi mandiri tidak keluar rumah hanya untuk dapat obat.

"Pastikan mereka yang menjalani isoman juga mendapatkan akses dan layanan untuk berobat dengan mudah dan cepat," tutur Puan.

Puan juga meminta pemerintah tidak hanya terpaku dengan pasien covid-19 yang berada di rumah sakit. Dia menegaskan pasien yang menjalani isolasi mandiri juga perlu perhatian pemerintah. (OL-1)

BERITA TERKAIT