19 July 2021, 10:23 WIB

Pemerintah Diminta Jamin Kebutuhan Rakyat Jika PPKM Diperpanjang


Candra Yuri Nuralam | Humaniora

PEMERINTAH diminta lebih memperhatikan rakyat jika pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat diperpanjang. Kebutuhan rakyat diminta dijamin.

"Pemerintah harus siap menjamin kebutuhan masyarakat selama masa PPKM," kata anggota DPR Lisda Hendrajoni melalui keterangan tertulis, Minggu (18/7).

Lisda meminta pemerintah melakukan evaluasi saat PPKM darurat berlangsung. Evaluasi diminta tidak hanya dilakukan pada penanganan covid-19. Beban masyarakat saat PPKM darurat diminta dipikirkan.

Baca juga: PUPR Siapkan Tambahan RSD Covid-19 di 7 Kota

Lisda juga menilai PPKM darurat tidak akan efektif meski diperpanjang jika kebutuhan masyarakat tidak dipikirkan. Masyarakat diyakini bakal melanggar jika kebutuhan rumah tangga mereka tidak dipikirkan.

"Intinya, selama ada yang menjamin, masyarakat akan patuh dengan peraturan PPKM. Seperti yang terjadi di negara lain," ujar Lisda.

Pemerintah juga diminta berkaca dengan negara tetangga. Kebanyakan negara tetangga menjamin kebutuhan rumah tangga masyarakat mereka saat menyuruh mereka berdiam diri untuk mengurangi paparan covid-19.

"PPKM berhasil karena ada jaminan dari pemerintah untuk masyarakatnya," kata dia. (OL-1)

BERITA TERKAIT