19 July 2021, 09:44 WIB

Masyarakat yang tidak Dapat BST Diminta tidak Iri


Candra Yuri Nuralam | Humaniora

PEMERINTAH diminta bijak menentukan masyarakat yang menerima bantuan sosial tunai (BST) selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Masyarakat yang tidak dapat BST diminta tidak iri hati.

"Jika nanti hal ini terwujud, kita berharap masyarakat jangan pula saling cemburu. Karena keputusan ini, bagi pemerintah, merupakan yang terbaik," kata anggota DPR Lisda Hendrajoni melalui keterangan tertulis, Minggu (18/7).

Lisda meminta masyarakat tidak berfikiran buruk dengan pemerintah jika tidak dapat bantuan itu. Pemerintah diyakini punya beberapa perhitungan dalam memilah untuk menyalurkan duit segar itu ke masyarakat.

Baca juga: Lion Air Group Berlakukan Syarat Perjalanan Selama Masa Idul Adha

"Agar bantuan dapat disalurkan secara merata," ujar Lisda.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah memperpanjang pemberian BST kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk periode Juli-Agustus 2021. Sebelumnya, pemerintah telah memberikan BST untuk periode Januari-April 2021.

"Bantuan Rp300 ribu per KPM per bulan untuk perpanjangan dua bulan ini kita harapkan akan dibayarkan pada Juli dan nanti Agustus targetnya 10 juta KPM di 34 provinsi. Perpanjangan di dua bulan ini akan membutuhkan anggaran Rp6,1 triliun," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, 2 Juli lalu. (OL-1)

BERITA TERKAIT